Mahasiswa STIKes Mega Buana Palopo Jalani Program Magang di Berbagai Institusi
Januari 2019 mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Peminatan Kesehatan Lingkungan STIKES Mega Buana Palopo mengikuti Program Magang di berbagai institusi. 

Januari 2019 lalu mahasiswa Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat Peminatan Kesehatan Lingkungan STIKES Mega Buana Palopo mengikuti Program Magang. Program magang ini dilaksanakan di PT. SGS Cab. Luwu yang dulu dikenal sebagai PT. PANPLY, Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku (PAM TM) Kota Palopo, RS Mega Buana, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo.

Program Magang Kesehatan Lingkungan ini merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa tingkat akhir. Kegiatan magang ini bertujuan memberikan keterampilan dan pengalaman kerja bagi mahasiswa sehingga memiliki pengalaman saat bekerja nantinya khususnya terkait dengan manajemen pengelolaan lingkungan, pemeliharaan sarana kesehatan, manajemen lingkungan dan fisik, pengolahan air minum, manajemen pengolahan limbah, manajemen penyehatan lingkungan, prencanaan program pengendalian pencemaran lingkungan, manajemen pengawasan makanan dan minuman, manajemen pengawasan sanitasi pengolahan makanan dan minuman, serta manajemen pengendalian resiko lingkungan pada perusahaan, rumah sakit dan dinas lingkungan hidup.

BACA JUGA:  Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan Presentasikan Penelitiannya di International Conference on Public Health

Mahasiswa Kesling Magang Industri

Direktur PT. SGS melalui Managemen Health Safety and Environtmen, Bapak Alamsyah, menyampaikan bahwa Mahasiswa STIKes Mega Buana Palopo yang telah mengkuti program magang di PT. SGS beberapa pekan ini benar-benar telah siap untuk terjun ke dunia kerja khususnya pada perusahaan, hal tersebut dinilai dari proses yang dilaksanakan oleh mahasiswa mulai pada tahapan analisis problem di perusahaan hingga pada langkah penyelesaian masalah yang disampaikan kepada pihak perusahaan.

Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh pihak managemen RS Mega Buana, Bapak Ardiansyah, SKM dan Bapak Imran, SKM; PAM TM, Ibu Rika serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Kepala Bidangnya, Bapak Muh. Aris Parma, SKM., Mkes kepada Ketua Prodi Sarjana Kesehatan Masyarakat terkait kegiatan magang mahasiswa kesling. Mereka sangat mengharapkan tidak hanya program magang namun juga senantiasa terbuka untuk menerima program lainnya dari Prodi Kesmas di institusi/ perusahaan mereka.

BACA JUGA:  Mahasiswa STIKes Umitra Lampung Praktek Pemeriksaan Air Bersih di Wilayah Puskesmas Godean II

Mahasiswa Kesmas Magang

Pihak manajemen lokasi magang juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua STIKes Mega Buana, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si., Apt., M.Kes yang telah mempercayakan untuk memagangkan mahasiswanya di PT. SGS, PAM TM, RS Mega Buana dan Dinas LH. Pelaksanaan program magang ini juga merupakan komitmen STIKes Mega Buana Palopo untuk meningkatkan kualitas lulusannya melalui Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat yang dikelolanya dalam menjalankan salah satu misi program studinya, yakni menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Pada program magang ini mahasiswa dibimbing langsung oleh dosen pembimbing institusi Bapak Ishak, SKM., MPH dan Ibu Yunda Indrawati Tasik, SKM., M.Kes. Selain dosen pembimbing institusi, mahasiswa magang juga dibimbing langsung oleh para pembimbing pada masing-masing lokasi magang sehingga memudahkan mahasiswa dalam pencapaian tujuan program magang tersebut.

BACA JUGA:  Hindari Ekspansi PLTU Batu Bara demi Kesehatan Lingkungan

magang mahasiswa kesling STIKes Mega Buana Palopo.jpg

Sharing is caring!

(Visited 67 times, 1 visits today)