Cegah KEK, Mahasiswa Undip Aktifkan Kembali Kelas Ibu Hamil di Desa Ini
Rangkaian program kelas ibu hamil diawali dengan memberikan edukasi kepada ibu hamil pentingnya senam hamil dan edukasi terkait materi – materi kehamilan.

Anzala Khoirun Nisa'

Mahasiswa FKM Universitas Diponegoro

Latest posts by Anzala Khoirun Nisa' (see all)

Grobogan – Ibu hamil merupakan kelompok yang berisiko mendapatkan permasalahan kesehatan yang harus diberikan fokus tersendiri. Tak terkecuali ibu hamil di Desa Tanggungharjo. Terdapat kurang lebih 30 ibu hamil yang ada di Desa Tanggungharjo yang terdiri dari Trimester Satu, Trimester Dua, dan Trimester Tiga. Dan beberapa dari ibu hamil tersebut merupakan ibu hamil KEK atau Kekurangan Energi Kronis.

Mahasiswa KKN Undip Desa Tanggungharjo Kecamatan Grobogan yang terdiri dari Mahendra Wicaksana (Teknik Geologi), Kharunia Putri (Teknik PWK), Anzala Khoirun Nisa’ (Kesehatan Masyarakat), Hanna Ela Monnica (Kesehatan Masyarakat), Eva Eka Trisnawati (Kesehatan Masyarakat), dan Nicholas Rhistondea (Ilmu Komunikasi) berinisiasi untuk memberikan program yang memberi perhatian lebih bagi ibu hamil khususnya ibu hamil yang termasuk KEK.

BACA JUGA:  Kontes Poster dan Infografis AKK FKM Undip 2018, Yuk Merapat!

Salah satu upaya untuk memfokuskan perhatian kepada ibu hamil ialah dengan adanya program kelas ibu hamil. Program kelas ibu hamil di Desa Tanggungharjo memang sudah ada namun sempat vakum dua bulan terakhir. Sehingga mahasiswa Tim I KKN Undip di Desa Tanggungharjo berinisiatif untuk mengaktifkan program kelas ibu hamil. Rangkaian program kelas ibu hamil diawali dengan memberikan edukasi kepada ibu hamil pentingnya senam hamil dan edukasi terkait materi – materi kehamilan. Lalu dilanjutkan dengan pelatihan senam hamil oleh bidan desa dan pelatihan pembuatan makanan untuk ibu hamil oleh mahasiswa KKN.

Ibu hamil sangat antusias mengikuti program ini. Dan rencananya program ini akan rutin dilaksanakan sebulan sekali yaitu pada hari Rabu minggu pertama tiap bulannya dan bertempat di rumah ibu bidan Desa Tanggungharjo. Dan pada hasil observasi penilaian terhadap ibu hamil yang telah mengikuti kelas ibu hamil memiliki pengetahuan yang meningkat dari yang sebelumnya.

BACA JUGA:  FKM Undip Perkuat Kemitraan dengan Perguruan Tinggi Australia

Sharing is caring!

(Visited 103 times, 1 visits today)