Mahasiswa UNDIP Edukasi Masyarakat Olah Tanaman Ini Jadi MPASI
Mahasiswa berharap agar MP-ASI Terong ini bisa dikembangkan karena harga beli terjangkau namun bisa memberikan nutrisi dan manfaat yang optimal untuk anak.

Neni Dwi Cahyani

Mahasiswa Undip

Latest posts by Neni Dwi Cahyani (see all)

REMBANG,  Mahasiwa KKN Universitas Diponegoro melakukan Sosialisasi serta Pelatihan Mengenai Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) di Dusun Kedung Dowo, Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan KabupatenRembang, 11 Februari lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu peserta Posyandu Bayi dan Balita, Mahasiwa KKN Undip dan Bidan Desa.

Acara diawali dengan cek rutin berat badan bayi dan balita, ukur tinggi badan serta Imunisasi bagi Balita. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dari Mahasiwa KKN Undip tentang pentingnya memberikan ASI Eksklusif untuk anak di bawah 2 tahun kemudian dilanjutkan dengan pemberian MP-ASI mulai dari yang cair, semi padat hingga padat, seperti aneka jus buah, biskuit, hingga beras merah. Selain itu dikenalkan juga bagaimana cara membuat MP-ASI dari sayuran Terong dengan Pisang.

BACA JUGA:  Mahasiswa UNDIP Edukasi Masyarakat Pentingnya Penerapan K3 Pada Sektor UKM Mebel

Acara ini dipelopori oleh mahaiswa KKN Undip Desa Sidorejo yang beranggotakan Kurnia Adi Wibowo (Teknik Mesin), Neni Dwi Cahyani (Teknik Kimia), Artha Dhyna Dwijayanti (Kesehatan Masyarakat), Tika Purbadiyanti Pranata (Kesehatan Masyarakat), Putri Nur Anggraini (Teknologi Pangan), Michael (Teknologi Pangan), dan Muhammad Azizul Hakim (Teknik Perkapalan).

Acara ini diikuti oleh lebih dari 20 Ibu dan balita yang sangat antusias dan penasaran dengan penggunaan Terong sebagai MP-ASI. Pasalnya selama ini terong hanya dimanfaatkan untuk sayuran rumah yang tidak disukai oleh anak karena rasanya yang sedikit pahit. Selain itu program ini didasari karena masih banyaknya sayuran terong yang terbuang dan tidak termanfaatkan di desa tersebut akibat rendahnya harga jual terong di pasaran.

BACA JUGA:  KKN, Mahasiswa UNDIP Rintis Bank Sampah di Desa Ini

“MP-ASI dari terong ini sangat baik untuk anak, karena terong mengandung anti oksidan tinggi untuk kesehatan kulit serta omega 3 yang baik untuk kecerdasan otak anak, sehingga ibu-ibu tidak perlu membelikan salmon yang harganya jauh lebih mahal” ujar Putri.

MP-ASI ini dibuat dengan cara mengukus terong hingga lunak kemudian dipadu dengan pisang dan diblender sampai halus. Hasilnya sangat memuaskan, setiap balita disana yang diberikan MP-ASI tersebut sangat lahap ketika disuapi untuk mencobanya, bahkan ada yang nambah minta lagi.

Mahasiswa berharap agar MP-ASI terong ini bisa dikembangkan sebagai alternatif bahan pendamping ASI yang memiliki harga beli terjangkau namun bisa memberikan nutrisi dan manfaat yang optimal untuk tumbuh kembang anak.

BACA JUGA:  Undip Siapkan Program Profesi Kesehatan Masyarakat

Sharing is caring!

(Visited 131 times, 1 visits today)