Mahasiswa UNDIP Edukasi Masyarakat Pentingnya Penerapan K3 Pada Sektor UKM Mebel
Berdasar hasil survey sebelumnya, Tim KKN Undip menginisiasi untuk melakukan edukasi salah satunya dengan edukasi K3 dan penempelan poster di desa ini.

Grobogan – 29/1, kegiatan edukasi tentang keselamatan dan kesehatan kerja pada sektor UKM oleh Tim I KKN Undip 2019 yang berlokasi di Desa Ngabenrejo, Kec. Grobogan, Kab. Grobogan.

Anggota KKN Tim 1 Undip 2019 terdiri dari 1) Mu’tasim Billah (Teknik Industri), 2) Dwi Nur Luthfiyyah (Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota), 3) Rifaldi Bagus Bayu Aji (Fakultas Sosial dan Ilmu Politik), 4) Istriyani (Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran), 5) Aulia Meidina Sulistyowati (Fakultas Kesehatan Masyarakat), 6) Vini Nur Puri Handayani (Fakultas Kesehatan Masyarakat).

BACA JUGA:  Usaha Knalpot Ini Dikeluhkan Warga, UPTD Puskesmas Mrebet Lakukan Pembinaan

Kegiatan ini berupa edukasi door to door ke tempat pelaku UKM mebel sekaligus pemberian poster Alat Pelindung Diri kepada para pelaku UKM Mebel di Desa Ngabenrejo yang berjumlah 10 orang. Lokasi para pelaku UKM Mebel ini tersebar di tiga dusun yaitu Dusun Demangan berjumlah 6, Dusun Ngabenrejo berjumlah 3 dan Dusun Gareh berjumlah 1 UKM Mebel.

Kegiatan dilakukan dalam 2 hari berturut – turut. Hari pertama yakni Selasa, 29 Januari 2019 dilakukan edukasi dan penempelan poster pada 7 pelaku UKM Mebel yang dimulai pada pukul 14.30 – 15.30 WIB. Selanjutnya edukasi dan penempelan poster pada 3 pelaku UKM dilanjutkan pada hari kedua yaitu Rabu, 30 Januari 2019 pukul 11.00 – 12.00 WIB.

BACA JUGA:  Pentingnya Perda untuk Kesehatan Masyarakat

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan hasil survei tim KKN dengan cukup banyaknya UKM mebel di Desa Ngabenrejo namun masih kurangnya kesadaran para pelaku UKM akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja. Sehingga tim KKN Undip menginisiasi untuk melakukan edukasi salah satunya dengan edukasi K3 dan penempelan poster.

Poster yang ditempel yaitu berisi tentang 6 jenis alat pelindung diri berupa pelindung kepala, pelindung pernafasan, pelindung mata, pelindung telinga, pelindung tangan dan pelindung kaki. Selain itu disampaikan juga dampak akibat tidak memakai alat pelindung diri.

Dari kegiatan yang diedukasi oleh Vini Nur Puri Handayani, ini diharapkan para pelaku UKM mebel mendapatkan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan dalam bekerja. Selanjutnya para pelaku UKM mebel ini akan dikumpulkan untuk mengikuti workshop keselamatan dan kesehatan kerja pada hari selanjutnya.

BACA JUGA:  FKM Undip Perkuat Kemitraan dengan Perguruan Tinggi Australia

Sharing is caring!

(Visited 94 times, 1 visits today)