Makna Akreditasi Puskesmas Bagi Kami Puskesmas Negeri Besar
Bagi kami Puskesmas Rawat Inap Negeri Besar, akreditasi puskesmas ini sebagai bentuk pengakuan apakah pelayanan kami sudah memenuhi standar akreditasi.

Puskesmas Negeri Besar, Way Kanan telah melaksanakan Penilaian Standarisasi Akreditasi tingkat FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang merupakan tim penilai dari Kementrian Kesehatan RI selama 3 hari 24-26 Oktober 2019. Tim penilai akreditasi yakni Ketua Tim dr. Nany Syuryati Rasyid.,M.Kes (Admen), dr. Nita Yulinda (UKP), Uus Sukmara.,S.KM.,M.Epid (UKM).

BACA JUGA:  Hadapi Akreditasi Puskesmas? 16 Item Ini Bakal Bantu Kamu Benahi Manajemen & Pelayanan Puskesmas

Dihadiri juga anggota DPRD Way Kanan, Danramil Negeri Besar, Kepala Dinkes Way Kanan, Camat, dll,

Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan, Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes berpesan jadikan Akreditasi ini sebagai wadah pembelajaran bahwa apa yang belum diketahui didiskusikan kepada suveiyor Kemenkes RI.

Penyambutan Surveyor Akreditasi Puskesmas Negeri Besar

Kegiatan penilaian akreditasi ini dilaksanakan selama 3 hari. Hari Pertama 24 Oktober 2019 adanya penyambutan suveiyor, penyerahan kendali kegiatan kepada suveiyor, telusur dokumen masing-masing Pokja Admen,UKM, UKP.

Hari Kedua 25 Oktober 2019 dilakukan pemaparan hasil temuan telusur dokumen di hari pertama masing-masing pokja (Admen, UKM, UKP) setelah pemaparan dilanjutkan telusur dokumen, dan telusur lapangan.

Proses Akreditasi Puskesmas Negeri Besar

Hari Ketiga 26 Oktober 2019 adanya pertemuan lintas sektor bagaimana tanggapan lintas sektor terhadap pelayanan puskesmas, baik dalam gedung maupun luar gedung.

BACA JUGA:  Kepala Dinkes Medan Akhirnya Penuhi Undangan Ombudsman Jelaskan Soal Mutasi Pegawai Puskesmas

Ada hal yang menarik selama tiga hari penilaian akreditasi ini. Yang pertama tidak seperti yang dibayangkan bahwasanya akan menegangkan penilaiannya tapi adanya diskusi dilakukan problem solving bagaimana caranya seluruh kegiatan yang ada di puskesmas sesuai standar akreditasi.

Makna akreditasi ini sebagai bentuk pengakuan terhadap Puskesmas sesuai standar penilaian akreditasi. Dan perlu diingat penilaian akreditasi bukanlah suatu perlombaan tapi bagaimana dapat memahami proses manajemen Puskesmas, bukan seberapa kamu menghapal EP (Elemen Penilaian) dan bagaimana menjalankan kegiatan yang ada Puskesmas ini sesuai standar yang ada.

Kepala Dinkes Way Kanan Bapak Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes

Harapan masyarakat dengan terakreditasinya Puskesmas Rawat Inap Negeri Besar ini mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada warga Kecamatan Negeri Besar.

BACA JUGA:  Dirjen Pelayanan Kesehatan Klarifikasi Perkataan Bambang Wibowo saat Kunjungan ke Puskesmas

Salam Sehat,
Sehat Way Kananku!

Sharing is caring!

(Visited 183 times, 1 visits today)