Manfaatkan Dana Desa, Puskesmas Kalitami Bangun 3 Posyandu
Kepala Puskesmas Kalitami Distrik Kamundan beserta staff melakukan kunjungan ke tiga kampung, untuk melihat langsung pembangunan tiga posyandu sekaligus dialog dengan kepala kampung dan para pekerja, Senin 23 Desember 2019.

Kepala Puskesmas Kalitami Distrik Kamundan beserta staff melakukan kunjungan ke tiga kampung, untuk melihat langsung pembangunan tiga posyandu sekaligus dialog dengan kepala kampung dan para pekerja, Senin 23 Desember 2019.

Sejalan dengan kebijakan yang telah ditetapkan bahwa Pemerintah secara berjenjang sesuai dengan kewenangannya, berkewajiban untuk memberdayakan dan mendorong peran serta masyarakat dalam upaya kesehatan agar masyarakat hidup sehat. Salah satu upaya Puskesmas Kalitami Distrik Kamundan yang memiliki 5 kampung wilayah kerja awal 2019 fokus sosialisasi dan advokasi ke 4 kampung yang belum memiliki bangunan posyandu untuk meningkatkan semangat kerja kader posyandu dan kader kesehatan maka penting adanya tempat posyandu yang dimiliki oleh masing-masing kampung atau desa. Selama ini posyandu bayi, balita dan lansia dilakukan dimasing-masing rumah kader atau di Kantor Kampung.

Posyandu Dari Dana Dea di Puskesmas Kalitami

” Dengan menetapkan prioritas penggunaan Dana Desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa khususnya bidang kesehatan, alhamdulillah akhir tahun ini pembangunan posyandu di tiga kampung Distrik Kamundan sudah berjalan 80% yakni Kampung Kalitami I, Kampung Bibiram, dan Kampung Kenara dimana ketiga kampung tersebut telah mengelola dana Desa”, ungkap Walik Nabi, Amd.Kep selaku Kepala Puskesmas Kalitami.

Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan serta pemberdayaan masyarakat dan kemasyarakatan. Fokus penting dari penyaluran dana ini lebih terkait pada implementasi pengalokasian dana desa.

Menurut Badarudin Tabiar, Bapak Kampung Kalitami I, Penggunaan Dana Kampung atau Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan, stunting dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Kampung Kalitami I.

Selain pembangunan infrastruktur di kampung, pembangunan kesehatan masyarakat harus lebih ditingkatkan, supaya penduduk di kampung dapat mencapai usia harapan hidup yang panjang dengan berbagai kegiatan yang bisa dicapai, seperti Program Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir, Posyandu, Posyandu Lansia, pencegahan stunting dan kegiatan UKBM lainnya.

Dengan adanya bangunan posyandu, sesuai harapan masyarakat agar posyandu jauh lebih baik sehingga dapat lebih berkontribusi dalam mewujudkan tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan di bidang kesehatan.

Puskesmas Kalitammi Manfaatkan Dana Desa Untuk BAngun Posyandu

Beliau juga berharap semoga dengan peningkatan pemanfaatan dana desa untuk kesehatan yang ada di Distrik Kamundan dapat membantu Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam upaya menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas untuk mendukung tercapainya visi dan misi pembangunan kesehatan Kabupaten.

Sharing is caring!

(Visited 111 times, 1 visits today)