Mari Cegah Hipertensi Dengan Pola Hidup Sehat dan Aktivitas Fisik
Salah satu cara paling sederhana untuk mencegah penyakit hipertensi atau darah tinggi yaitu melakukan aktivitas fisik secara teratur dan pola hidup sehat.
Indra Amanah AN, SKM., MPH

Hipertensi masih menjadi tantangan besar Indonesia saat ini. Penyakit Hipertensi sering ditemukan di masyarakat disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan peningkatan tekanan darah sistolik diatas 140 mmmHg dan diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan tenang.

Hipertensi sering kita jumpai di masyarakat terutama pada usia lanjut atau lansia. Data penderita penyakit hipertensi di Kota Palopo sejumlah4.917 tahun 2018. Setiap orang ingin tetap sehat semasa hidupnya maka sangat penting untuk memelihara kesehatan. Seseorang dapat meminimalisir terjadinya penyakit hipertensi tinggi dengan melakukan pencegahan sejak dini. Dimana pencegahan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari faktor risikonya.

BACA JUGA:  Senam Prolanis, Lansia Juga Harus Berperilaku Hidup Sehat

Adapun cara mencegah hipertensi yang bisa dilakukan yaitu: konsumsi makanan-makanan sehat dan rendah lemak, lakukan diet sehat untuk yang memiliki berat badan yang berlebih (obesitas), berusaha selalu mempertahankan berat badan yang ideal, menghindari kebiasaan merokokok, menghindari mengonsumsi minumam beralkohol, lakukan aktivitas fisik yang cukup seperti berolahraga dan aktif bergerak, hindari begadang dan kerja pada malam hari, kendali faktor emosional pada diri sendiri, banyak mengonsumsi makan buah dan sayur, batasi konsumsi garam berlebih.

Untuk mencegah penyakit hipertensi pola hidup sehat sangat penting untuk diterapkan. Pola hidup sehat yang dianjurkan seperti menjaga pola makan dengan mengurangi makanan asupan garam yang berlebih, mengurangi konsumsi alkohol, menghentikan kebiasaan merokok dan rutin melakukan aktivitas fisik.

BACA JUGA:  Yuk Kenali Dermatitis Sejak Dini

Salah satu cara yang paling sederhana untuk mencegah penyakit hipertensi atau darah tinggi melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat melancarkan aliran darah untuk mengindari stres yang merupakan penyebab naiknya tekanan darah.

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, Pola makan yang buruk dapat menyebabkan tekanan darah melonjak. Maka dari itu  perlu  mengurangi makanan yang fungsi natrium yang banyak terkandung dalam garam dapur seperti makanan olahan agar tekanan darah tetap normal.

sebaliknya untuk mencegah hipertensi kita dapat memilih makanan yang tinggi kalsium yang dapat membantu menjaga tekanan darah stabil, kalium yang dapat ditemukan dalam kentang,pisang,alvukat,ikan dan susu.

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal sebaiknya lakukan olahraga selama dua jam hingga 30 menit per minggu.Tekanan darah tinggi yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal dan otak jika tidak terdeteksi secara dini dan tidak mendapatkan pengobatan yang memadai. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat maka perlu kita selalu menjaga kesehatan salah satunya dengan rutin atau rajin melakukan tes tekanan darah di pusat pelayanan kesehatan.

BACA JUGA:  Ini Dia SBH Pertama di Tingkat Universitas Kesehatan di Kota Palopo

Pentingnya program Car Free Day untuk pencegahan hipertensi Kota Palopo telah dijalankan setiap minggunya. Diketahui bahwa program Car Free Day ini salah satu program yang dapat menurunkan faktor resiko penyakit seperti hipertensi karena pada program ini masyarakat melakukan aktifitas fisik seperti senam baik remaja ,dewasa, maupun lansia.

Melakukan aktifitas fisik salah satu pencegahan faktor risiko penyakit hipertensi karena jika kita melakukan aktifitas fisik dapat melancarkan aliran darah untuk mengindari stres yang merupakan penyebab naiknya tekanan darah.


Penulis:
Mahasiswa STIKES Mega Buana Palopo,
Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Semester VI
– Alda Wulandari
– Anita Rahman

Tulisa ini merupakan Tugas Mata Kuliah Penulisan Kreatif
Dosen Pengampu: Ikes Dwiastuti, SKM., M.Epid

Sharing is caring!

(Visited 138 times, 1 visits today)