MARKICEH Mari Kita Cegah Hipertensi Dengan CERDIK

Minggu, 9 Januari  2022 civitas akademik dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju  (STIKIM) telah melaksanan penyuluhan Kesehatan Cegah Hipertensi dengan CERDIK di Klinik Pertiwi 1 Sukamaju Kota Depok bersama ibu – ibu kelompok prolanis  dengan judul MARKICEH Dengan CERDIK (Mari Kita Cegah Hipertensi Dengan CERDIK)

Hipertensi merupakan merupakan kasus penyakit tidak menular yang menjadi tantangan besar di dunia bahkan di  Indonesia. Kondisi ini sering ditemukan terutama  pada pelayanan kesehatan primer dan memiliki prevalensi yang tinggi. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) prevalensi hipertensi sendiri di Indonesia sebesar 34,1%.

Hipertensi menjadi ancaman kesehatan masyarakat karena potensinya yang mampu mengakibatkan kondisi komplikasi seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal ginjal. World Health Organization mengestimasikan saat ini prevalensi hipertensi secara global sebesar 22% dari total penduduk dunia.

Sedangkan menurut hasil Riskesdas 2018 menunjukkan angka prevalensi hipertensi pada penduduk >18 tahun berdasarkan pengukuran secara nasional sebesar 34,11% (2).  Provinsi Kalimantan Selatan menurut, data Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi hipertensi pada penduduk umur ≥18 tahun menempati peringkat nomor 1 di Indonesia. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2019, hipertensi termasuk ke dalam 10 penyakit dengan jumlah penderita terbanyak menempati posisi kedua, dengan jumlah penderita sebanyak 2.861 atau 24,3%.

BACA JUGA:  Action Day 6 HEALution 6.0, Aktivitas Fisik Untuk Cegah Hipertensi

Prolanis Klinik Pertiwi 1 Sukamaju Kota Depok

Dalam acara tersebut diawali dengan Pemeriksaan tekanan darah di depan klinik secara bergantian sebelum dilakukan kegiatan senam. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan senam prolanis bersama-sama diparkiran klinik. Setelah selesai senam, dilakukan lagi pemeriksaan tekanan darah untuk melihat apakah ada perubahan atau tidak tekanan darah nya setelah dilaksanakan kegiatan senam. Kemudian acara didalam ruangan dibuka dengan sambutan dari perwakilan pihak klinik dan perwakilan kelompok. Setelah itu dilanjut dengan kegiatan fasilitasi kesehatan  diawali dengan pembagian kelompok oleh fasilitator berdasarkan angka tekanan darah terakhir.

Disini fasilitator  membagi peserta menjadi 3 kelompok berdasarkan tekanan darah yang normal, pra hipertensi dan hipertensi. Para peserta diberi nametag masing-masing yang berbeda warna berdasarkan tekanan darahnya ingin bertujan agar peserta saking mengenal dan memudahkan pembagian kelompok.

Pemeriksaan Kesehatan Prolanis di Klinik Pertiwi 1 Sukamaju Kota Depok

Setelah dibuat kelompok para peserta mendapatkan 1-2 co-fasilitator untuk membantu mereka dalam kegiatan selanjutnya. Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok dimana setiap kelompok berdiskusi dengan co-fasilitatornya mengenai apa yg menyebabkan mereka bisa terkena hipertensi, bagaimana mereka bisa memiliki tekanan darah yang normal (bagi yang tekanan darahnya normal) menurut pendapat masing-masing.

Kemudian dilanjutkan dengan setiap peserta menuliskan tekanan darahnya di lembar post it yang diberikan oleh co-fasilitator yang kemudian para peserta menempelkannya ke lembar kerja yang sudah disediakan oleh fasilitator di depan secara bergantian. Setelah itu dilanjut dengan pemaparan materi pencegahan dan pengendalian hipertensi oleh fasilitator yang diselingi dengan games dan diskusi bersama.

BACA JUGA:  LIPUTAN: Pembangunan Kesehatan Manusia Indonesia Seutuhnya

Penyuluhan Kesehatan di Klinik Pertiwi 1 Sukamaju Kota Depok

Runtutan kegiatannya sendiri yaitu fasilitator memberikan pertanyaan, lalu para peserta berdiskusi dengan kelompoknya untuk memilih gambar yang tepat, yang diberikan oleh co-fasilitator untuk ditempelkan oleh perwakilan kompok di lembar kerja yang sudah disediakan di depan. Setelah semua kelompok menempelkan gambar hasil diskusinya barulah fasilitator menjelaskan materi sesuai dengan gambar-gambar yang tempelkan oleh kelompok. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan para peserta yang nantinya akan dijelaskan kembali oleh fasilitator.

Kegiatan tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta terlebih lagi ketika kegiatan diskusi berlangsung terlihat mereka sangat bersemangat. Setelah mengerjakan lembar kerja dan pemaparan materi Bersama- sama, dilanjut dengan evaluasi dimana co-fasilitator berdiskusi kembali dengan para peserta mengenai penyebab hipertensi menurut para peserta setelah pemaparan materi.

Tujuan diskusi ini adalah melihat apakah ada perubahan pendapat dan pengetahuan sebelum dan sesudah pemaparan materi. Acara selanjutnya yaitu pemberian dorprize kepada peserta teraktif, terheboh dan kelompok yang terkompak selama acara berlangsung. Acara terakhir yaitu foto bersama dan pembagian cinderamata untuk para peserta.

Penyuluhan Kesehatan Mahasiswa Kesmas STIKIM di Klinik Pertiwi 1 Sukamaju Kota Depok


Kelompok 5

Anggota :

  1. Anggi Risma Dianti (01190000023)
  2. Intan Puspita Asri ( 01190000029)
  3. Faidah Afifah ( 01190000025)
  4. Nurul Pitriani Salamah ( 01190000018)
  5. Zahira Hananda Naila Rozni ( 01190000052)

Dosen Pembimbing :
Nina, SKM., M.Kes
Agustina Sari, S.ST., M.Kes

(Visited 95 times, 1 visits today)