You are here
Home > Inspirasi Kesmas > Masyarakat Dusun Ngrandu Komitmen Laksanakan 5 Pilar STBM Secara Bertahap

Masyarakat Dusun Ngrandu Komitmen Laksanakan 5 Pilar STBM Secara Bertahap

Masyarakat Dusun Ngrandu Komitmen Laksanakan 5 Pilar STBM Secara Bertahap

Sharing is caring!

Katongan – 22/08, Selain melakukan pertemuan rutin masyarakat, Home visit juga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Fasilitator PKPU bersama kader klaster berdaya desa Katongan untuk mensukseskan penerapan 5 Pilar STBM di masyarakat desa Katongan.

Pada kesempatan kali ini, Fasilitator PKPU bersama kader klaster berdaya desa Katongan melakukan kegiatan home visit dan End line survei di masyarakat dusun Ngrandu. Dimana sebelum melakukan kegiatan home visit, fasilitator PKPU bersama kader klaster berdaya desa Katongan terlebih dahulu melakukan brifing yang kemudian membagi kader menjadi 3 kelompok. Dari masing-masing kelompok tersebut nantinya akan dibagi tugas menjadi kameramen, penggali informasi dan notulen.

BACA JUGA:  Kader Bersama Anggota Tabungan Jamban Pelopori Sedekah Sampah Di PKK

Dalam kegiatan home visit ini, kader melakukan peninjauan tentang 5 pilar STBM, dimana kader melihat perkembangan pembangunan jamban masyarakat, kebiasaan dan lokasi ctps, pengolahan air minum, kebiasaan masyarakat mengelola sampah dan juga pengelolaan air limbah rumah tangga. Tidak hanya melakukan croscek saja, kader juga mengajak masyarakat agar secara bertahap melakukan 5 pilar STBM.

Tidak cuma sekedar kader yang aktif, pada kesempatan home visit tersebut, masyarakat juga berperan aktif. Seperti halnya Ibu Juariah yang melakukan konsultasi tentang limbah cair rumah tangganya yang selama ini dialirkan ke depan rumah dan pusat alirannya dekat dengan sumber air keluarga. Sehingga fasilitator PKPU coba menyarankan untuk mengalirkan limbah cairnya ke belakang rumah dan membuat lubang serapan, agar limbah cair rumah tangga tidak mencemari sumber air.

BACA JUGA:  Sarasehan Capaian Program STBM Klaster Berdaya Desa Katongan

“Terimakasih Pak atas sarannya, setelah pertemuan kemaren tentang pengelolaan limbah cair itu, saya jadi agak was-was dengan pembuangan limbah cair saya yang dekat dengan sumber air. InsyaAllah ini akan kita alihkan ke belakang dan kita buat lubang serapan agar tidak mencemari sumber air dan lebih enak di pandang dan sedikit demi sedikit kita akan terus melaksanakan 5 pilar STBM yang pernah di ajarkan” kata Ibu Juariah.

Sharing is caring!

(Visited 50 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top