You are here
Home > Kabar Kampus > Mau Kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI? Baca Dulu Artikel Ini

Mau Kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI? Baca Dulu Artikel Ini

Mau Kuliah di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Baca Dulu Artikel Ini

Jurusan Kesehatan Masyarakat masih menjadi favorit bagi mereka yang ingin berkarier di dunia medis tapi kurang berminat menjadi dokter. Jangan salah, banyak potensi karier yang sangat menjanjikan untuk kamu yang lulusan Kesehatan Masyarakat. Untuk itu, silakan kamu simak baik-baik apa saja ilmu yang bisa kamu dapatkan di jurusan ini.

Kesehatan masyarakat adalah jurusan yang berasal dari rumpun ilmu kesehatan, atau dengan kata lain, jurusan ini adalah untuk kamu yang mengambil jurusan IPA saat di SMA. Di Universitas Indonesia (UI), jurusan ini memiliki fakultas tersendiri dengan jurusan dan program studi yang beragam. Perlu kamu ketahui, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI adalah Fakultas Kesehatan Masyarakat tertua di Indonesia.

Gambaran Umum

Sejatinya, Ilmu Kesehatan Masyarakat terlahir karena persoalan penyakit masyarakat di Indonesia yang penanganannya masih sangat minim di akhir masa penjajahan Belanda. Hal ini melahirkan kebutuhan untuk lebih banyak mencetak ahli medis pribumi dengan membentuk lembaga pendidikan tinggi yang mumpuni di tanah air. Lebih lengkap tentang sejarah FKM UI, kamu bisa lihat melalui link berikut http://old.ui.ac.id/id/academic/page/fkm.

Dalam prosesnya, karena tingginya kebutuhan, tak hanya dalam hal pengobatan penyakit, melainkan juga kebutuhan untuk memahami penyakit yang berkembang di masyarakat, FKM UI pun lahir. Mulanya, hanya terdapat 4 program studi tingkat sarjana yang berada di fakultas ini, yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat, Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Hingga saat ini terdapat 3 program studi tambahan, yaitu Gizi, Kesehatan Lingkungan, serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

BACA JUGA:  Menengok Kebelakang Awal Terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat UI

Jurusan FKM UI Cocok Buat Kamu yang…

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat sangat sesuai untuk kamu yang memiliki minat tinggi terhadap analisis untuk memecahkan masalah kesehatan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, serta minat untuk berkontribusi terhadap kemajuan ilmu kesehatan secara umum. Jika menjadi dokter, peran kamu dalam kesehatan adalah dari sisi kuratif (pengobatan), maka di jurusan ini peran kamu lebih pada sisi preventif (pencegahan) dan promotif (kampanye kesehatan). Menarik, kan?

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan

Mata Kuliah, Kurikulum, dan Peminatan di FKM UI

Memasuki jurusan ini, kamu akan disuguhi 11 peminatan yang berbeda-beda yaitu Biostatistik, Informatika Kesehatan, Manajemen Informasi Kesehatan, Epidemiologi, Manajemen Asuransi Kesehatan, Manajemen Pelayanan Kesehatan, Manajemen Rumah Sakit, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Reproduksi, Mutu Layanan Kesehatan, Promosi Kesehatan, dan Bidan Komunitas (khusus program ini diadakan bekerja sama dengan Depkes RI).

Mulanya Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi bagian peminatan, namun di tahun 2015 ini, program tersebut telah mandiri sebagai salah satu program studi di FKM. Banyaknya opsi memberikan kesempatan untuk kamu memilih peminatan yang dirasa paling sesuai dengan potensi dan impian kariermu.

Prospek Kerja Lulusan FKM UI

Prospek Kerja Lulusan FKM UI

Merujuk pada kompetensi lulusan Jurusan Kesehatan Masyarakat UI (lebih lengkap bisa dilihat pada http://www.fkm.ui.ac.id/content/program-studi-sarjana-kesehatan-masyarakat-gelar-skm/) terdapat banyak peluang kerja yang menjanjikan bagi kamu. Mulai dari manajer RS, manajer rekam medik, manajer pemasaran RS, manajer asuransi kesehatan, manajer perusahaan farmasi, pemasaran laboratorium dan alat kesehatan, atau manajer di berbagai institusi kesehatan seperti Puskesmas, klinik, dinas kesehatan, maupun organisasi nonprofit yang bergerak di bidang kesehatan. Tidak hanya itu, kamu pun dapat bekerja di berbagai perusahaan yang menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Keselamatan Lingkungan (K3KL) yang tujuannya untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan saat bekerja.

BACA JUGA:  Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Kerjasama FKM Unand Laksanakan Studi Banding Ke FKM UI

Perusahaan yang menerapkan K3KL bisa berupa perusahaan tambang, perusahaan minyak, perusahaan konstruksi dan sejenisnya. Kebutuhan akan sumber daya manusia yang memahami konsep dan penerapan K3KL saat ini semakin tinggi. Mengingat tata laksana kerja di Indonesia yang mewajibkan perusahaan untuk mengimplementasikan K3KL sebagai wujud perlindungan terhadap pekerja.

Selain UI, hampir seluruh universitas dengan fakultas terkait bidang kesehatan di Indonesia memiliki Jurusan Kesehatan Masyarakat. Alasannya, karena lulusannya sangat dibutuhkan. Menjamurnya kampus yang membuka jurusan ini berbanding lurus dengan jumlah institusi kesehatan dan berbagai perusahaan yang menerapkan keselamatan kerja. Lagi-lagi, prospek kerja yang luas menjadi satu alasan kuat kenapa jurusan ini sangat diminati.

Dalam perkembangan saat ini, pemerintah mengambil kebijakan untuk mengutamakan gerakan promotif dan preventif. Harapannya, dengan membiasakan masyarakat bergaya hidup sehat, maka tingkat penyebaran penyakit di masyarakat pun menurun. Perlu diketahui, langkah ini diwujudkan pemerintah melalui adanya BPJS.

BACA JUGA:  Peran Generasi Muslim Dalam Mengatasi Permasalahan Stunting di Indonesia

Jadi, untuk mendukung kebijakan ini, kebutuhan akan SDM lulusan kesehatan masyarakat akan semakin dicari. Maka, peluang dan prospek karier di bidang ini pun akan semakin meningkat. Peluang buat kamu untuk jadi salah satu SDM di ranah ini.

Daftar Kampus FKM Lain Selain UI

Daftar Kampus FKM Lain Selain UI

Beberapa universitas yang memiliki jurusan ini diantaranya adalah Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sam Ratulangie, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas Jember. Masing-masing memiliki bidang peminatan yang serupa dengan yang dapat ditemui di UI, meski secara garis besar, Jurusan Kesehatan Masyarakat di UI memang memiliki bidang peminatan terbanyak.

Biaya Kuliah di FKM UI

Biaya Kuliah di FKM UI

Untuk berkuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat UI, biaya yang kamu butuhkan per semesternya adalah senilai Rp7.500.000,00 untuk program sarjana reguler. Kelebihannya, di program ini kamu tidak dikenakan biaya uang pangkal. Sedangkan jika kamu tertarik dengan program sarjana ekstensi, maka kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Biaya per semester jurusan ini untuk program sarjana ekstensi adalah Rp8.000.000,00. Lebih lengkapnya bisa kamu lihat di http://www.ui.ac.id/akademik/biaya-pendidikan.html.

Biaya yang disebutkan di atas tentunya di luar biaya hidup dan biaya bahan perkuliahan, seperti modul dan buku-buku. Belum lagi jika kamu berkeinginan untuk tinggal di kosan selama berkuliah. Pasti biaya yang dibutuhkan akan bertambah.

Nah, tertarik untuk bergabung dengan kami? Ayo segera daftar, ya.

SUMBER

Sharing is caring!

(Visited 2,132 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top