Aplikasi Keluarga Sehat - Play Store

Mau Tahu Cara Mudah Input Data PIS-PK Offline? Masuk Sini!

Mungkin teman-teman di Puskesmas sudah memahami dan bahkan sudah menerapkannya.

Apa sih PIS-PK?

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki derajat kesehatan optimal. Dalam rencana strategis Kementerian Kesehatan 2015-2019 yang menegaskan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Tujuan PIS-PK:

  1. Meningkatkan akses keluarga pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu;
  2. Mendukung pencapaian SPM Kabupaten/Kota dan SPM provinsi;
  3. Mendukung pelaksanaan JKN;
  4. Mendukung tercapainya Program Indonesia Sehat. Dari aspek legal, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Mengapa Hasil Pendataan Harus di entry?

Sebagai acuan bagi Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota dan Puskesmas untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan PIS-PK, meningkatkan pembinaan keluarga secara terintegrasi dan berkesinambungan, meningkatkan capaian target sasaran keluarga sehat serta dapat memberikan umpan balik.

Kendalanya untuk menginput data ini harus ada sambungan internet untuk dapat masuk ke server Pusdatin, sedangkan kita sebagai penanggung jawab program di seluruh Indonesia tidak semua bisa terjangkau internet dan biasanya server pusdatin eror/ gangguan karena terlalu banyak yang masuk ke server.

Untuk memperlancar semua kegiatan PIS-PK ini ada cara input data/entry data offline supaya tidak menghambat.

Bagaimana Cara Entri Data Offline Keluarga Sehat Melalui Android?

Nah mungkin masih ada yang bingung bagaimana caranya entri data kunjungan keluarga sehat melalu android? Untuk entry data Keluarga Sehat melalui android, syarat utama Smartphone yang digunakan adalah:

  • OS Android minimal 4.4 (Kitkat) atau lebih
  • RAM minimal 2GB
  • Layar tidak terlalu kecil
  • Koneksi internet yang stabil (optional) untuk masuk ke akun
  • Mempunyai akun Surveyor yang sudah didaftarkan Admin ke Pusdatin melalui Dinas Kesehatan terkait

1.Terlebih dahulu install aplikasi Keluarga Sehat Pusdatin di HP Android- mu melalui google play store

Aplikasi Keluarga Sehat

2. Masuk ke dalam aplikasi yang sudah kita download tadi. Kemudian masukkan username dan password Surveyor yang telah dibuatkan oleh Admin sebelumnya. Sambungan data dalam keadaan online

UI Aplikasi Keluarga Sehat

3. Setelah login, maka akan tersedia tahun. Tahun disini maksudnya adalah kapan anda melakukan kegiatan kunjungan Keluarga Sehat. Misalkan disini memilih tahun 2017.

4. Selanjutnya anda akan masuk ke beranda Aplikasi KS. Setelah masuk ke aplikasi sambungan data di offline-kan. Disana sudah ada nama-nama keluarga yang sudah dilakukan kunjungan dan entri. Sekarang untuk menambahkan entri keluarga yang telah kita lakukan kunjungan anda bisa mengklik tanda plus (+) yang ada di sudut kanan bawah.

Data Isian Keluarga Sehat

5. Setelah itu akan muncul secara otomatis data pengenalan tempat sesuai lokasi surveyor yang sudah didaftarkan admin. Disitu anda hanya tinggal mengisi data kelurahan/desa, RT, RW, Nomor Urut Bangunan, Nomor Urut Keluarga serta Alamat Rumah. Apabila sudah diisi kemudian klik opsi ‘Lanjut’ yang ada di sudut kanan bawah.

Form Pengenalan Tempat

6. Secara otomatis maka akan muncul data keluarga. Disitu anda diminta mengisi Nama Kepala Keluarga serta Jumlah Anggota Keluarga.

Form Isian Data Keluarga Sehat

7. Setelah diisi kemudian scrool ke bawah maka anda akan menemukan pertanyaan mengenai keluarga. Silahkan diisi sesuai dengan data yang sudah anda dapatkan saat kunjungan rumah. Apabila sudah kemudian klik ‘Lanjut’.

Setelah itu akan muncul Keterangan Pengumpul Data. Disini kita langsung klik ‘Lanjut’ karena data sudah terisi secara otomatis sesuai dengan data login Surveyor yang didaftarkan oleh Admin.

Selanjutnya akan muncul keterangan keluarga. Disini kita diminta menambahkan anggota keluarga. Silahkan klik pada tombol plus (+) yang ada di kanan bawah.

Form Data Keluarga Sehat

Sepanjutnya akan muncul pilihan Input Manual atau Cek di databese Dukcapil. Pilih Input Manual.

Input Manual Keluarga Sehat 1

Input Manual Keluarga Sehat 2

Input Manual Keluarga Sehat 3

Input Manual Keluarga Sehat 4

Selanjutnya akan muncul formulir isian keterangan keluarga. Isilah formulir tersebut masing-masing individu sesuai dengan urutan di kartu keluarga (KK) sampai dengan selesai.

Nah, setelah selesai untuk menambahkan entri keluarga berikutnya yang telah kita lakukan kunjungan anda bisa mengklik tanda plus (+) yang ada di sudut kanan bawah.

Data yang sudah kita entry offline tidak akan hilang dengan tanda merah “UPLOAD”.

Berarti data belum masuk perhitungan, silakan entry sebanyak-banyaknya, sewaktu server atau jaringan bagus. Kita tinggal tekan “UPLOAD” maka otomatis data akan masuk ke dalam perhitungan IKS-nya.

Mudah-mudahan dapat dimengerti dan bermanfaat bagi semuanya.

Jadi tidak ada lagi alasan untuk PIS-PK belum di entry ya, Selamat Mencoba!

Sumber: https://www.blogotech.net/2018/01/cara-entri-data-online-di-aplikasi.html

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

19 responses to “Mau Tahu Cara Mudah Input Data PIS-PK Offline? Masuk Sini!”

  1. I Ngurah Agus Wirawan Avatar
    I Ngurah Agus Wirawan

    apa user name dan paswordny untuk puskesmas gerokgak II

  2. RISMALINDA Avatar
    RISMALINDA

    DAPAT DI MENGERTI SEKALI IBUK.,….
    MAKASIH INFO NYA

    1. Semoga bermanfaat..

  3. Neneng Nurhayati Avatar
    Neneng Nurhayati

    Untuk user name komfirmasi dengan penanggung jawab yang ada di dinas kesehatan setempat

  4. Ini cara untuk input offline yang di ms.excel atau online di website?

  5. Tolong lampirkan sumber artikel

    1. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami. Sumber artikel sudah kami tambahkan disertai link aktif, terimakasih.

    2. Raymon umbu hangera Avatar
      Raymon umbu hangera

      Slmt pagi buk, mohon maaf mengganggu..sy sdh mencoba menggunakan aplikasi KS berbasis android dan sdh sy gunakan..tp knpa tdk bisa diedit tanggal lahirnya sm tgl inputnya buk??

  6. sepertinya kapasitas server pusdatin harus di tambah… sebab itu aplikasi jadi lambat dan selalu terputus padahal koneksinya inetnya lancar

  7. Saya mau bertanya kenapa pas kami aploud sebanyak banyak itu data yang kita entri berubah misal yang tadi kita klik merokok jadi tidak merokok semua kemudian variabel jadi N SEMUA jadi gak aplicable semua. Jadi solusi kami mau mengedit juga sudah di edit balik lagi ke tidak merokok. Mohon petunjuk dan bantuan nya kami berada di desa nanjungan kikim selatan lahat sumatera selatan 31452

  8. Kami ngentri PIS PK nya offline karena jaringan disini tidak bagus

    1. Neneng nurhayati Avatar
      Neneng nurhayati

      Ya mba kami juga tetap hitung manual semua yang kami entry baik melalui online maupun ofline melalui aplikasi xl karena walaupun pake online IKS wilayah yang muncul tidak semua hanya beberapa KK saja. Nah sambil kita masukan ke aplikasi xl sekalian kita cek

  9. Andryansyah Avatar
    Andryansyah

    Asslm. Bu ada ngk aplikasi ks offline penghitungan memakai format xl

    1. Neneng nurhayati Avatar
      Neneng nurhayati

      Waalaikumsalam untuk aplikasi memakai format xl kita pake manual mas, kita bikin rumus sendiri untuk mempermudahnya nanti satu persatu indikator keluarga kita copas ke xl

  10. Ass.. bu sy sudah Instal untuk aplikasi androidnya.. cuma untuk mengisi tgl lahir tidak bisa.. walaupun sudah sy klik tglnya.. kira2 masalahnya dimana ya bu? mohon bantuannya

  11. apakah bisa aplikasi PIS-PK di pasang ke laptop (PC)

  12. ba maaf kenapa klau copy paste data pis pk dari sistem ke excel, misal data iks keluarga di sistem 0,6 tapi pas d copy ke excel jadi berubah, itu gimana ya ?

  13. bu mau tanya apakah jika kita input offline datanya bisa di sinkronkan ke online? soalnya saya input offline tapi pas buka di web data tidak muncul?

  14. mau tanya gmna cara klo entry kmbli data yang sudah kita hapus,slx sy slh entri no urut rumah tangga, sy hapus tp saat saya masuk kmbli sllu muncul no urut rumah tanggaax sdh ada tp sy refres datax tdk ada.mohon bantuanx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis