MBS (Mass Blood Survey) Jilid II, Kolaborasi Dua Puskesmas Bersama Dinkes Tanah Bumbu

MBS (Mass Blood Survey) Jilid II, Kolaborasi Puskesmas Teluk Kepayang Bersama Dinkes Tanah Bumbu
Puskesmas Teluk Kepayang dan Puskesmas Mantewe berkolaborasi bersama Dinkes Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan kegiatan bertajuk MBS (Mass Blood Survey) Jilid II, Menuju Eliminasi Malaria (MINEAL) pada 27-29 Maret 2018.
Wahyudi Gunawan DM, SKM.,M.Kes

Wahyudi Gunawan DM, SKM.,M.Kes

Petugas Promosi Kesehatan
Puskesmas Teluk Kepayang
Kab. Tanah Bumbu Kalsel
Wahyudi Gunawan DM, SKM.,M.Kes

Malaria adalah salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Penularannya melalui perantara vektor nyamuk Anopheles. Malaria ini disebabkan oleh parasit Plasmodium yang hidup didalam tubuh nyamuk Anopheles.

Kabupaten Tanah Bumbu adalah salah satu kabupaten yang berada diwilayah Provinsi Kalimantan Selatan, dimana di wilayahnya masih terdapat 6 Desa daerah Endemik tinggi Malaria yang merupakan gugusan dari Pegunungan Meratus.

BACA JUGA:  Sumba Barat Daya Sepakati Rencana Aksi Eliminasi TB dan Malaria

Pemeriksaan Warga Dalam Rangka Eliminasi Malaria di Tanah Bumbu

Pemerintah Kab. Tanah bumbu sendiri mempunyai Visi Trilogi Pembangunan, dimana salah satunya adalah berfokus dibidang Kesehatan. Pemerintah menginginkan semua masyarakat di Tanah Bumbu mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.

Berangkat dari visi itu, Dua Puskesmas yakni Puskesmas Teluk Kepayang dan Puskesmas Mantewe berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan kegiatan bertajuk MBS (Mass Blood Survey) Jilid II, Menuju Eliminasi Malaria (MINEAL) pada Tanggal 27-29 Maret 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan di daerah perbatasan wilayah kedua Puskesmas yaitu daerah Mangkalapi, Tamunih yang merupakan Wilayah Kerja Puskesmas Teluk Kepayang dan Daerah Gunung Raya yang merupakan Wilayah Kerja Puskemas Mantewe, dengan menyusuri tempat tempat yang sulit dijangkau dan masyarakat yang berdiam di dalam Hutan.

BACA JUGA:  Eliminasi Malaria, 165 KK Desa Wangkolabu Terima Kelambu Gratis

Bapak Sainol Syamsuddin selaku Pemegang Program Malaria Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Sekaligus Ketua Tim dan Pencetus Ide dalam kegiatan ini mengatakan, bahwa dengan adanya Kegiatan MBS (Mass Blood Survey) ini, selain untuk mengetahui ada tidaknya kasus Malaria di Wilayah itu juga merupakan cara untuk menyampaikan pesan atau informasi Malaria kepada Masyarakat.

Edukasi Kesehatan Malaria untuk warga Tanah Bumbu

Demikian halnya juga disampaikan Bapak Norfajriansyah, selaku pemegang Program Malaria Puskesmas Teluk Kepayang dan Bapak Laode M. Adnan Farid Jafar, selaku pemegang Program Malaria Puskesmas Mantewe menambahkan bahwa MBS (Mass Blood Survey) ini adalah cara untuk mengetahui secara detail kondisi sosial masyarakat yang sulit mendapatkan akses dalam hal pelayanan publik baik itu Pelayanan Kesehatan dan Pelayanan yang Lainnya.

BACA JUGA:  Berantas Malaria di Ujung Paling Utara Indonesia!

Kepala Puskesmas Teluk Kepayang, Bapak Tommy Haryadi, S.Kep dan Bapak Kepala Puskesmas Mantewe, Bapak dr. Arditya Ari Wibowo berharap, kolaborasi ini tetap berlanjut sehingga Eliminasi Malaria di Kabupaten Tanah Bumbu bisa terwujud.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Bapak Dr. H. M. Damrah, S. Sos, M.Si mengatakan, upaya-upaya dalam pengendalian Malaria harus terus digalakkan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Keberhasilan program ini sangat bergantung pada kemandirian masyarakat untuk menjaga Derajat Kesehatannya. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan kolaborasi ini dan juga berpesan kepada tim agar tetap lebih mengutamakan keselamatan dalam menjalankan tugas dilapangan. Salam Sehat.

Sehat Yes, Malaria No!

Sharing is caring!

(Visited 85 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *