You are here
Home > Berita Kesehatan > Memperingati Hari AIDS Sedunia, YC PILAR Sragen Bagi Bunga di Car Free Day

Memperingati Hari AIDS Sedunia, YC PILAR Sragen Bagi Bunga di Car Free Day

Memperingati Hari AIDS Sedunia, YC PILAR Sragen Bagi Bunga di Car Free Day
PILAR SRAGEN

PILAR SRAGEN

Youth Center PILAR Sragen
PILAR SRAGEN

Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia. Dan tema Hari AIDS Sedunia tahun 2017 kali ini yaitu, “Saya Berani, Saya Sehat”.

BACA JUGA:  STOP Diskriminasi ODHA, AIDS is Enemy and ODHA is My Friends

Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV dan AIDS dengan cara melakukan tes HIV. Setelah tes, jika hasilnya positif maka akan dilanjutkan dengan pengobatan antiretroviral (ARV) sedini mungkin. Melalui kampanye ini, masyarakat diajak untuk berperan serta dengan cara sederhana menyerukan “Saya berani” lewat tulisan pada tangan atau lengan. Harapannya, mereka yang ikut dalam kampanye ini pada akhirnya akan memeriksakan status HIV mereka ke layanan kesehatan terdekat.

Rekan PILAR Sragen

Hari ini, Minggu 3 Desember 2017, rekan-rekan Youth  Center PILAR Sragen juga memperingati Hari AIDS Sedunia dengan membagikan bunga, brosur, serta pita merah simbol secara internasional untuk melambangkan perang terhadap AIDS di acara Car Free Day.

BACA JUGA:  Peringati Hari AIDS Sedunia, Dinkes Kab Tasikmalaya Gelar Seminar Kesehatan

Kegiatan kali ini di gagas oleh Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Sukowati. Dalam kegiatan ini, selain rekan-rekan YC PILAR Sragen, juga diikuti oleh KPA Sragen, Komunitas Sedap Malam Sragen, SSR TB-HIV ‘Aisyiyah, Muslimat NU.

“Dengan kegiatan ini kami berharap masyarakat bisa lebih faham tentang bahaya AIDS. Dengan belum adanya obat, tentu dengan pemahaman yang baik, masyarakat dapat mencegah dan mengurangi faktor resiko dari HIV/AIDS itu sendiri”, kata Riya, Kordinator YC PILAR Sragen.

Street Canvasing Hari AIDS Sedunia Sragen 2017

Sharing is caring!

(Visited 79 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top