Mendagri, 3 Permasalahan Kesehatan Ini Perlu Perhatian Lebih Dari Kepala Daerah
Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut ada tiga permasalahan kesehatan yang perlu mendapat perhatian lebih, yaitu anak, kematian ibu hamil, dan kanker serviks.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut ada tiga permasalahan kesehatan yang perlu mendapat perhatian lebih. Tiga hal tersebut adalah masalah anak, kematian ibu hamil, dan kanker serviks.

“Tiga hal ini saya rasa harus mendapat perhatian. Yang diinginkan Pak Presiden adalah akhir tahun ini infrastruktur sosial dan kesehatan bisa selesai dengan baik,” kata Tjahjo dalam pidatonya di Rakernas X Asosiasi Rumah Sakit Daerah Seluruh Indonesia (ARSADA) di Hotel Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2017).

BACA JUGA:  Mengenal Cara Kerja Sistem Imun Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Menurutnya, salah satu cara agar infrastruktur sosial dan kesehanan terwujud adalah dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang baik. Stabilitas ekonomi di tingkat paling bawah juga menurutnya sangat penting.

“Trennya sekarang, masyarakat Indonesia kalau sakit ingin bermalam di rumah sakit. Banyak pihak swasta yang ingin membangun rumah sakit, jadi ini baik untuk memberikan layanan dan fasilitas kepada masyarakat dan pastinya nggak akan rugi jika membangun ini,” sebutnya.

Tjahjo mengatakan koordinasi antara pihak juga harus terus terjalin dengan baik. Dengan begitu penanganan layanan kesehatan untuk masyarakat bisa lebih maksimal.

“Saya Kemendagri, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi adalah bagian yang tidak terpisahkan. Kita harus terus berkoordinasi untuk menangani masalah kesehatan dan masalah-masalah lainnya dengan baik,” tuturnya.

BACA JUGA:  Ingat! Kanker Serviks 100 Persen Bisa Dicegah

Tjahjo menambahkan, pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan. Pelayanan tersebut menurutnya juga termasuk dalam penyelenggaraan otonomi daerah.

“Penyelenggaraan upaya kesehatan ini suatu hal yang prinsip di otonomi daerah. Ini wajib dilaksanakan. Kepala daerah bisa dikatakan berhasil jika mampu memberikan kesehatan gratis dan pendidikan gratis kepada masyarakat. Jadi pelayanan kesehatan ini harus terus ditingkatkan,” tuturnya.

Sumber detik.com

Sharing is caring!

(Visited 140 times, 1 visits today)