You are here
Home > Kabar Kampus > Menengok Kebelakang Awal Terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat UI

Menengok Kebelakang Awal Terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat UI

Menengok Kebelakang Awal Terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat UI

Sharing is caring!

Terbentuknya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia merupakan prakasa Doktor Mochtar, Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat dan Komunitas Kedokteran FKUI. Bekerjasama dengan USAID, program yang pertama kali ditawarkan adalah SKM yang setara dengan Magister Kesehatan Masyarakat.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 26 Tahun 1965 tanggal 26 Februari 1965, diputuskan bahwa Fakultas Kesehatan Masyarakat dibentuk di bawah naungan Universitas Indonesia. Kemudian melalui Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 153 Tahun 1965, ditetapkan tanggal berdirinya FKM UI yaitu pada tanggal 1 Juli 1965.

BACA JUGA:  Senat Akademi FKM UI Kunjungi Fakultas Kesehatan UDINUS

Pada tahun 1987 Program Sarjana Kesehatan Masyarakat dibuka guna memenuhi syarat sebagai fakultas sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan di Indonesia. Selanjutnya sejak 1990 FKM UI menawarkan pendidikan magister di bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat diikuti dengan dibukanya program magister lain seperti Kajian Administrasi Rumah Sakit, Epidemiologi dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pada tahun 1994 FKM UI membuka Diploma III (suatu program vokasi 3 tahunan setelah pendiidkan SMA dalam berbagai bidang kesehatan). Namun untuk memenuhi tuntutan visi universitas yang lebih mengedepankan riset dan menjadi universitas kelas dunia program tersebut ditutup pada tahun 2004. Saat ini program diploma di tingkat universitas diampu oleh Fakultas Vokasi UI.

BACA JUGA:  Ajukan Percepatan Pembangunan FIKES, Rektor Baru ini Terus Lakukan Gebrakan

Di tahun 2013 FKM UI telah berkembang menjadi penyedia jasa pendidikan kesehatan masyarakat mulai dari Program Sarjana, Magister dan Doktor, serta memiliki 12 pusat kajian, 7 departemen dan 2 kelompok studi.

Sesuai dengan tuntutan zaman dan perubahan yang tidak bisa dihindari, dengan menyandang predikat sebagai fakultas tertua dalam bidang kesehatan masyarakat, FKM UI terus melakukan perbaikan dan mengevaluasi diri agar tetap menjadi yang terdepan dalam ilmu kesehatan masyarakat.

SumberĀ fkm.ui.ac.id

Sharing is caring!

(Visited 47 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top