Mengenal Cara Kerja Sistem Imun Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Daya tahan tubuh anak dipengaruhi langsung oleh sistem imunitas tubuh. Karenanya perhatikan betul faktor yang mempengaruhi kesehatan imun si kecil!

Daya tahan tubuh anak dipengaruhi langsung oleh sistem imunitas tubuh. Kinerja yang baik dari sistem tersebut membuat tubuh terlindungi dari berbagai masalah kesehatan. Dan sebagai bagian dari perlindungan tubuh, sudah semestinya sistem tersebut harus terus ditingkatkan.

Setiap anak memiliki perlindungn tubuh secara alamiah. Kekuatan perlindungan ini berbeda-beda. Karena banyak faktor yang mempengaruhinya.

Pengaruhnya merujuk pada seberapa hebat sistem imun anak. Diantara hal yang mempengaruhinya adalah makanan, olahraga, kecerdasan mengatur emosi anak dan lain sebagainya. Ini berarti bahwa kekuatannya dipengaruhi oleh pola hidup sehat yang diterapkan oleh bunda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan tunjukkan bagaimana sistem imun bekerja, serta apa saja komponen penting yang ada di dalam sistem tersebut. Selain itu, bunda juga akan menjumpai informasi terkait penyebab dari menurunnya sistem imun. Jadi, mari simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Cara Kerja Sistem Imun Dalam Tubuh Anak

Bicara tentang immune system anak, hal ini tidak bisa dilepaskan dari pola hidup yang sehat. Gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat dan rajin olahraga menjadi faktor utama untuk menjaga sistem imun bekerja maksimal.

Pola hidup sehat memungkinkan seluruh komponen dalam tubuh bisa berfungsi maksimal. Terlebih komponen yang berhubungan dengan sistem imun. Karena komponen pada sistem ini punya tugas khusus untuk mencegah masalah yang berdampak pada penurunan kesehatan. Contohnya adalah menangkal sejumlah penyakit.

Nah, sistem imun ini punya cara kerja yang menarik. Ini menjadi anugerah yang diberikan Tuhan pada seluruh makhluknya. Dan ini patut disyukuri.

Cara kerja sistem imun ini diawali dengan mengenali masalah yang muncul di dalam tubuh. Pada kasus ini, bakteri jahat yang dikenali di dalam tubuhnya akan diidentifikasi secara alamih dengan komponen pertahanan tubuh.

Selanjutnya, komponen lain dalam sistem ini akan mulai membangun sistem pertahanan. Komponen pertahanan ini kemudian tersusun dengan baiknya sesuai jenis bakteri yang masuk. Hanya saja, butuh waktu untuk membiasakannya.

Bila sistem pertahanan ini sudah mulai terbentuk sempurna, sistem ini akan otomatis bekerja maksimal. Terutama bila bakteri yang sudah dikenali muncul kembali. Makanya, tubuh akan terlindungi dari masalah penyakit.

Komponen Penting Dalam Sistem Imun Anak

BACA JUGA:  Mendagri: 3 Permasalahan Kesehatan Ini Perlu Perhatian Lebih Dari Kepala Daerah

Begitu pentingnya sistem imun dalam menangkal sejumlah masalah kesehatan, sudah semestinya bunda terus menjaganya. Makanan sehat menjadi bagian dari penjagaan komponen-komponen penting dalam sistem imun.

Komponen-komponen sistem imun yang terjaga dengan baik akan membuat fungsinya lebih maksimal. Nah, komponen-komponen yang dimaksud adalah sebagai berikut ini.

  • Sel darah putih

Komponen paling penting dalam sistem pertahanan tubuh adalah sel darah putih. Di dalam sel darah putih ini terdapat bagian inti sel yang dinamakan dengan limfosit. Limfosit ini punya tugas khusus untuk mengenali jenis parasit/bakteri yang masuk ke dalam tubuh anak.

  • Kelenjar getah bening

Komponen yang kedua adalah kelenjar getah bening. Komponen ini sangat bergantung pada komponen yang pertama. Artinya, ada saling keterkaitan sehingga tidak bisa diabaikan.

Komponen ini merupakan bagian rantai dalam melindungi tubuh. Ketika sel darah putih sudah mengidentifikasinya, maka kelenjar getah bening akan bekerja setelahnya.

Kelenjar getah bening langsung bekerja untuk membentuk sistem pertahanan dari bakteri yang sudah dikenalinya. Semakin lama akan semakin kuat. Akhirnya, bakteri akan langsung berhadapan dengan perisai tersebut.

  • Limpa
BACA JUGA:  7 Kebiasaan Sepele Penyebab Daya Tahan Tubuh Anak Menurun

Komponen di dalam tubuh yang bekerja bersamaan dengan sistem imun adalah limpa. Fungsinya juga sangat penting dalam menjadi benteng pertahanan tubuh.

Betapa tidak, limpa punya tugas khusus untuk mengendalikan kadar darah di dalam tubuh. Malahan, limpa juga bertugas untuk membersihkan/meremajakan sel-sel darah yang sudah rusak.

Ketika limpa ini bekerja maksimal, sel darah putih yang menjadi poros awal akan mampu berfungsi maksimal. Yaitu mampu mengenali bakteri jahat dan membangkitkan kelenjar getah bening agar on dalam membentengi parasit/bakteri.

Penyebab Imunitas Anak Menurun Kekuatannya

Maksimalnya sistem imun menandai bahwa daya tahan tubuh anak sangat baik. Anak tidak akan mudah sakit. Buahnya, tumbuh kembangnya lebih maksimal.

Namun perlu dipahami bahwa kekuatan sistem imun ini bisa saja menurun. Penyebabnya sangat banyak. Oleh karenanya, bunda diharapkan bisa meminimalisir penyebab tersebut supaya anak tidak mudah sakit. Nah, apa saja penyebab menurunnya sistem imun tersebut?

Pertama adalah kekurangan nutrisi. Anak yang nutrisinya tidak terpenuhi akan terpengaruh perkembangannya. Tidak terkecuali pada sistem imunitasnya.

Pasalnya, makanan yang bernutrisi sebenarnya membantu dalam produksi sel darah putih. Jika nutrisinya tidak terpenuhi, sudah dipastikan bahwa produksi sel darah putih ini akan bekurang. Akibatnya, tubuh tidak bisa mengaktifkan kelenjar getah bening secara maksimal dalam membentengi dari pemicu penyakit.

Kedua adalah kurangnya aktifitas fisik. Kurangnya aktifitas ini cukup fatal. Dan ini sering terjadi pada anak zaman sekarang. Padahal, aktifitas fisik ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatannya, serta meningkatkan pengetahuannya akan lingkungan sekitar.

Kurangnya aktifitas fisik memungkinkan tubuh tidak bisa mendistribusikan sel darah putih secara lancar. Akibatnya, sistem pertahanan tubuh tidak akan bekerja seperti biasanya.

Ketiga adalah terlalu banyak mengkonsumsi gula. Gula sebenarnya dibutuhkan untuk sumber energi. Namun gula bisa memperparah keadaan tubuh bila dikonsumsi terlalu besar.

Kandungan gula seperti sukrosa ini malah bisa melemahkan sel darah putih. Parahnya, sel darah putih tidak akan diproduksi oleh tubuh. Alhasil, perlindungan tubuh akan terus melemah dan membuat tubuh anak mudah sakit.

Menyadari akan masalah tersebut, sudah semestinya bunda menghindari hal-hal yang menyebabkan pada penurunan sistem imun. Mulailah untuk menyeleksi makanan, dan ajak anak untuk beraktifitas di luar ruangan tiap harinya. Dengan begitu, daya tahan tubuh anak akan menjadi lebih kuat akibat sistem imunnya terjaga.

Sharing is caring!

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *