Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Desa Borongtala Dengan PHBS
Jeneponto - Kamis, 3/8, Mahasiswa PBL FKM Universitas Hasanuddin Makassar melaksanakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat tingkat rumah tangga.

Fahmi Aziz

Mahasiswa FKM UNHAS
Fahmi Aziz

Latest posts by Fahmi Aziz (see all)

Jeneponto – Kamis, 3/8, Mahasiswa PBL FKM Universitas Hasanuddin Makassar melaksanakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat rumah tangga.

Bertempat di rumah salah satu kepala dusun Desa Borongtala, kegiatan ini diikuti oleh 22 orang yang terdiri dari kader posyandu dan pengurus PKK Desa Borongtala Kec. Tamalatea Kab. Jeneponto.

Penyuluhan ini dilaksanakan melihat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan kebersihan di tingkat rumah tangga. Selain itu, masyarakat pun masih banyak yang kurang memahami pentingnya kebersihan lingkungan rumah tangga mereka.

BACA JUGA:  4 Universitas dengan Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Indonesia

Alasan mahasiswa PBL FKM Unhas hanya melibatkan kader posyandu dan pengurus PKK desa dikarenakan terkendala pada bahasa. Mayoritas masyarakat setempat menggunakan bahasa daerah Makassar. Sedangkan bahasa tersebut kurang bisa dipahami oleh mahasiswa PBL.

“Kami hanya melakukan penyuluhan kepada kader posyandu dan pengurus PKK karena hanya mereka yang mengerti bahasa Indonesia dengan baik,” ujar Fahmi selaku koordinator desa.

“Kami berharap dan juga mengarahkan mereka agar mereka ini yang akan menjadi penyuluh kesehatan di Desa Borongtala, jadi saat kami tak ada pun masih tetap dilaksanakan sosialisasi.” tambahFahmi.

Peserta sosialisasi begitu antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan. Ditambah pula dalam sosialisasi diselipkan kegiatan menyanyikan lagu cuci tangan pakai sabun bersama-sama sehingga menambah antusiasme peserta.

BACA JUGA:  Disini, Romantisme Membangun Kesehatan Masyarakat itu Begitu Nyata!

 

Sharing is caring!

(Visited 345 times, 1 visits today)