Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Yang Kreatif, Mandiri, dan Inovatif di Masa Pandemi

Banjarbaru – Telah berlangsung Webinar Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Webinar ini mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Yang Kreatif, Mandiri, dan Inovatif di Masa Pandemi”. Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 08 Agustus 2020 yang berlangsung pada pukul 08.30–12.00 WITA dengan menggunakan media Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube.

Webinar Kewirausahaan ini dihadiri oleh kurang lebih 450 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan berbagai daerah. Webinar ini menghadirkan Robbi Noer Miftah (Ketua Umum BPC HIPMI Banjarbaru 2019-2020), Zakaria Abdur Rahmah, ST (CO Founder Gepro.id), dan Wahyudi, SKM (Alumnus PSKM FK ULM dan Wirausaha Muda) sebagai Narasumber serta Lala Mela A’la dan Thoriq Abi Pramana (Mahasiswa PSKM FK ULM) sebagai Moderator.

Muhammad Faizal selaku Ketua Pelaksana Webinar Kewirausahaan menyampaikan bahwa latar belakang diadakannya webinar kewirausahaan ini dengan mengusung tema Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Yang Kreatif, Mandiri, dan Inovatif di Masa Pandemi yaitu karena di masa pandemi memberikan dampak yang cukup signifikan terutama bagi para wirausahawan. Di masa pandemi seperti ini juga sulit bagi fresh graduate maupun masyarakat yang tidak bekerja untuk mencari pekerjaan. Lapangan kerja semakin sedikit. Oleh karena itu diperlukan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur yang kreatif, mandiri dan inovatif agar dapat secara mandiri menciptakan lapangan pekerjaan.

Strategi memunculkan ide-ide kewirausahaan yang kreatif disegala situasi

Webinar kewirausahaan ini diawali dengan pamaparan oleh Bapak Zakaria Abdur Rahman, ST yang menyampaikan tentang strategi memunculkan ide-ide kewirausahaan yang kreatif disegala situasi. Yang dapat dikutip dari beliau yaitu berpikir kreatif berwirausaha dalam masa pandemi Covid-19. Kreatif tidak harus dilihat secara kasat mata tetapi harus bisa membaca nilai pasar, data, dan yang dibutuhkan masyarakat luas terutama dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga, akan memunculkan ide-ide kewirausahaan yang kreatif.

Strategi pemasaran dan pengelolaan usaha yang efektif di masa pandemi

Materi kedua disampaikan oleh Wahyudi, SKM dengan topik strategi pemasaran dan pengelolaan usaha yang efektif di masa pandemi. Adapun 3 tahap dalam melakukan pemasaran adalah adanya ide usaha, adanya modal dan menjalankan strategi pemasaran dan pengelolaan. Pada situasi pandemi ini, diperlukannya adaptasi dalam melakukan pemasaran yaitu dengan memanfaatkan media sosial sebagai channel utama pemasaran. Mengingat tingginya penggunaan media sosial oleh masyarakat, seperti Instagram, facebook, WhatsApp atau lainnya. Akan tetapi, hal yang penting dalam melakukanpemasaran menggunakan media sosial adalah memastikan juga cashflow terjaga.

Strategi Menjadi Enterpreneur yang Mandiri dan Inovatif di Masa Pandemi

Materi terakhir pada webinar kewirausahaan ini disampaikan oleh Bapak Robbi Noer Miftah selaku Ketua Umum HIPMI Kota Banjarbaru dengan topik Strategi Menjadi Enterpreneur yang Mandiri dan Inovatif di Masa Pandemi. Ketika peluang kerja semakin kompetitif dan semakin sempit maka menjadi entrepreneur merupakan hal yang penting. Ketika kita menjadi pengusaha, pada realitanya lebih banyak waktu tercurahkan untuk usaha kita. Kita juga harus siap menjadi entrepreneur, tidak semudah yang kita bayangkan, kita harus mengenali risiko yang terjadi. Di HIPMI ada 3 tipe pengusaha, yaitu pengusaha dari keturunan, pengusaha yang merintis jalan usahanya sendiri, dan pengusaha karena mempunyai minat dan motivasi. Cara untuk membangun usaha yang kreatif dan inovatif diantara banyak pesaing, yaitu kita harus mempunyai pondasi, menyenangi usaha yang kita lakukan, dan jangan setengah-setengah dalam berwirausaha.

Acara webinar kewirausahaan ini diakhiri oleh kesimpulan dari seluruh narasumber yaitu jangan takut untuk memulai berwirausaha. Tetapi harus dibarengi dengan analisa situasi yaitu menganalisis situasi dan kondisi pasar agar mengetahui produk apa yang sesuai untuk diproduksi di saat pandemi. Dengan analisa situasi tersebut maka lahirlah ide-ide kreatif dan inovatif untuk berwirausaha.

Webinar Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

Sharing is caring!

(Visited 48 times, 3 visits today)