Terpencil di Ujung Teluk Bintuni, Sekolah Ini Terima Penghargaan Sekolah Sehat di HKN ke-55
Dalam peringatan HKN ke 55 tahun ini, SD Negeri Kalitami Distrik Kamundan menerima Piagam Penghargaan Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni.

Selasa, 12 November 2019, puncak peranyaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 dengan tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul” #SehatMilikKita, Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Bintuni merayakan HKN ke 55 sekaligus HUT RSUD Bintuni ke 8.

Dalam peringatan HKN ke 55 tahun ini, SD Negeri Kalitami Distrik Kamundan menerima Piagam Penghargaan Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Teluk Bintuni.

Piagam diserahkan oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH

Piagam diserahkan oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH di lapangan sepak bola SP IV Manimeri usai pemotongan tumpeng dalam pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional tahun ini.

Ansyar Mambooe, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah merasa bangga dengan dokter-dokter kecil SD Negeri Kalitami bisa mengisi acara pada rangkaian kegiatan HKN dan HUT RSUD Bintuni dengan menampilkan dan peragakan senam cuci tangan pakai sbun (CTPS).

Poin penilaian dalam sekolah sehat diantaranya kebersihan lingkungan, kebersihan kantin sekolah, bangunan sekolah yang berventilasi udara dan sehat, serta hijau, yang berkaitan erat dengan sekolah sehat. Selain itu kegiatan UKS yang benar-benar berjalan aktif dan memiliki kader kesehatan/dokter kecil, yang dibina oleh sekolah dan puskesmas, adanya bimbingan konseling, sehat moral dan sehat fisik, PHBS sekolah, serta memiliki kemampuan dan paham Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

“Secara umum standar penilaian beberapa point sudah memenuhi kriteria sekolah sehat seperti Ruang UKS, kantin sekolah, jamban sehat, tempat cuci tangan siswa-siswi yang sudah ada di SD Negeri Kalitami namun masih beberapa yang perlu dibenahi dan ditingkatkan lagi sesuai dengan penilaian yang dilakukan langsung oleh PLH. Kepala Dinas Kesehatan Michael Yawan, SKM. MPA dan Kabid Kesmas Kristina Inanosa, SKM, serta rombongan dari kabupaten dalam kunjungannya pada peranyaan HKN ke 55 bersama Puskesmas Kalitami di Distrik Kamundan tanggal 8 November lalu, sekaligus deklarasi sekolah sehat” ungkap kepala sekolah Ansyar Mambooe, S.Pd.I.

Dokter-dokter kecil SD Negeri Kalitami

Ansyar Mambooe juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakehoulder dan seluruh pihak terutama dari Puskesmas Kapus dan PJ Promkes Kalitami serta pemerintah Distrik Kamundan atas kerjasamanya dalam upaya percepatan deklarasi mulai dari sosialisasi yang awal mulanya tanggal 19 Agustus sosialisasi sekolah sehat oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kalitami untuk mewujudkan, menciptakan sekolah sehat di SD Negeri Kalitami.

“Kami menyadari bahwa tanpa bantuan dan kerjasama semua pihak di Distrik Kamundan maka mustahil akan terwujud sekolah sehat di sekolah kami untuk itu sekali lagi terimakasih,” jelas Ansyar.

“Atas nama keluarga besar Sekolah Dasar Negeri Kalitami sangat bersyukur atas apa penghargaan yang kami terima hari ini meski sekolah kami berada di ujung Kabupaten Teluk Bintuni atau berada pada ring 3 terjauh, terpencil, namun kami bisa bersaing dengan sekolah-sekolah di kota atau ring 1 yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Teluk Bintuni. Semoga kami bisa pertahankan dan selalu diperhitungkan oleh pemerintah daerah,” tutup Ansyar.

Dokter Kecil SD Negeri Kalitami

Sharing is caring!

(Visited 253 times, 1 visits today)