Milad ke-7 Rumah Sehat Baznas Al Chusnaini Sidoarjo
Tepat 18 Juli 2019 kemaren “Rumah Sehat BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Al Chusnaini Sidoarjo” telah berusia 7 tahun. Berikut ini rangkaian kegiatannya.

Alkhamdulillah tepat 18 Juli 2019 kemarin “Rumah Sehat BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Al Chusnaini Sidoarjo” telah berusia 7 tahun. Alkhamdulillah selama 7 tahun Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo telah berdiri berkat kerjasama antara PGN (Perusahaan Gas Nasional), BAZNAS dan Yayasan Al Chusnaini. Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo berdiri untuk memberikan layanan kesehatan kepada seluruh 8 golongan penerima zakat. Hingga saat ini sudah lebih dari 8.000 KK yang telah menjadi member dan menerima manfaat dari Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo.

Pada Milad ke 7 kali ini rumah sehat mengadakan kegiatan dengan tema “Deteksi Dini Hepatitis Menuju Keluarga Sehat Bersama Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo”. Pengambilan tema ini karena melihat milad rumah sehat berdekatan dengan Hari Hepatitis Sedunia (28 Juli). Kegiatan ini dilakukan pada Hari Jum’at tanggal 19 Juli 2019 berupa SENAM GERMAS dan PENYULUHAN HEPATITIS. Semua rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo dan dihadiri oleh 34 peserta yang merupakan member dengan usia minimal 20 tahun.

Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo

Dalam kegiatan ini pun rumah sehat memberikan layanan cek HBsAg kepada seluruh peserta secara GRATIS. Selain itu juga ada konsultasi kesehatan dari hasil tes HBsAg dengan dokter rumah sehat. Konsultasi kesehatan ini dilakukan berjenjang di mulai pada tanggal 19 – 25 Juli 2019.

Sesi 1 kegiatan adalah SENAM GERMAS yang dipimpin oleh instruktur dari salah satu pegawai Puskesmas Sukodono yakni Wiwik Puryati, S. Gz. Senam ini dimulai pukul 06.30 WIB hingga 07.30 WIB. Dilanjutkan sesi 2 pukul 08.00 WIB hingga 09.30 WIB.

Penyuluhan Kesehatan dengan tema “Pengenalan dan Pencegahan Hepatitis” dengan narasumber dr. Choirul Arby Desiyanto. Kegiatan ini ada yang menarik yakni tim panitia menyediakan Photo Both untuk peserta. Selain itu juga dengan kegiatan ini peserta dapat mengetahui status kesehatan mereka dengan tes HBsAg. Adanya photo both dan tes HBsAg GRATIS membuat peserta semangat mengikuti kegiatan ini.

Harapannya di milad ke 7 ini, Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo bisa semakin memberikan manfaat dalam pelayanan kesehatan dengan fasilitas terbaik untuk semua masyarakat penerima zakat. Selain itu juga dengan adanya cek darah ini diharapkan seluruh peserta lebih peduli kesehatan. Mengingat beberapa waktu lalu ada KLB Hepatitis A di Pacitan.

“Harapan saya, Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo bisa menjadi agen perubahan dengan cara terus meningkatkan program promotif dan advokatif. Sehingga dengan kegiatan hari ini bisa mewujudakan cita-cita Rumah Sehat. Kegiatan bertema Deteksi Dini Hepatitis Menuju Keluarga Sehat bisa mengajak masyarakat tahu tentang Penyakit Hepatitis dan cara pencegahannya”, ucap kepala klinik Rumah Sehat BAZNAS Al Chusnaini Sidoarjo dokter Iqbal Faizin, M.Kes.

Sharing is caring!

(Visited 95 times, 3 visits today)