Optimalkan Peran dan Kemandirian Masyarakat, Puskesmas Tapalang Gelar MMD
Dengan kegiatan semacam ini, implementasi Desa Siaga aktif dapat lebih maksimal lagi melalui koordinasi yang baik dari semua sektor.

Musyawarah Masyarakat Desa dan Pembinaan Desa Siaga di wilayah kerja Puskesmas Tapalang, Mamuju Sulawesi Barat, dilaksanakan di seluruh Desa/ Kelurahan di wilayah kerja Puskesmas. Saat ini sudah terlaksana di 3 Desa dari total 10 Desa yang ada di wilayah kerja kami.

Adapun peserta kegiatan MMD ini adalah anggota forum masyarakat desa serta stakeholder terkait seperti para Kepala Dusun, Babinsa dan Binmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Kader Kesehatan di desa.

BACA JUGA:  Sosialisasi PHBS dan Desa Siaga Aktif, Ini Pesan Promotor Kesehatan Puskesmas Pelangiran

Promkes Puskesmas Tapalang

Selaku narasumber kegiatan MMD ini yaitu Nurhasanah Azis, SKM dan Wawan Iskandar, SKM selaku staf Promkes. Kepala Puskesmas Rahmawati, S.Kep, Ns pun turut hadir mendampingi kegiatan MMD kali ini. Dalam MMD kali ini dipaparkan tentang Desa Siaga dan penyampaian hasil SMD serta melakukan MMD berdasarkan hasil SMD.

Selama kegiatan berlangsung, terjadi diskusi terkait permasalahan kesehatan yang ada di desa beserta solusi yang diharapkan dan disepakati bersama Kepala Desa. Harapannya dengan kegiatan semacam ini, implementasi Desa Siaga aktif dapat lebih maksimal lagi melalui koordinasi yang baik dari semua sektor terkait terutama forum masyarakat desa dengan pihak pemerintah desa serta pihak puskesmas demi terciptnya desa yang peduli tanggap dan mampu mengatasi permasalahan kesehatan secara mandiri.

BACA JUGA:  Peran Desa Siaga Dalam Intervensi Kesehatan Masyarakat Desa

MMD Desa Siaga

Sharing is caring!

(Visited 90 times, 1 visits today)