PBL, Mahasiswa Belajar Identifikasi Masalah Kesehatan Masyarakat
Mahasiswa Prodi Kesmas STIKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu belajar identifikasi berbagai masalah kesehatan masyarakat di wilayah Kerja Puskesmas Padang Serai.

Dwi Putri Sulistiya Ningsih, SKM, MPH

Dosen STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu

Latest posts by Dwi Putri Sulistiya Ningsih, SKM, MPH (see all)

Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Tri Mandiri Sakti Bengkulu Semester VI melaksanakan kegiatan Praktek Belajar Lapangan (PBL) I di RT 18, 27 dan 28 Kecamatan Kampung Melayu Wilayah Kerja Puskesmas Padang Serai Kota Bengkulu.

Tujuan dari PBL agar mahasiswa mengenal dan memiliki pengalaman belajar di masyarakat, memotret kondisi kesehatan masyarakat dan mengidentifikasi maslah-masalah kesehatan masyarakat dari aspek lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan kependudukan maupun hal-hal yang berkaitan dengan manajemen organisasi pada unit pelayanan kesehatan masyarakat yaitu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

BACA JUGA:  Peringati HTTS 2018, Mahasiswa Kesmas STIKes Kuningan Aksi Sosial Turun ke Jalan

Di PBL kali ini, mahasiswa belajar mengidentifikasi berbagai masalah kesehatan yang ada dan merumuskan beberapa masalah kesehatan utama melalui tahapan penentuan prioritas masalah kesehatan utama melalui tahapan penentuan prioritas masalah di wilayah masing-masing. Selain itu mahasiswa juga dituntut mampu menetapkan dan melaksanakan alternatif pemecahan masalah kesehatan yang dipilih melalui intervensi langsung.

Melalui PBL, mahasiswa dapat bertemu langsung dengan masyarakat dan berkomunikasi tekait dengan permasalahan kesehatan yang banyak mereka alami di wilayah mereka. Harapannya, kegiatan PBL ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam menghadapi permasalahan kesehatan yang berkembang di masyarakat.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Prodi Kesehatan Masyarakat STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu dengan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dan Puskesmas Padang Serai. 

BACA JUGA:  PBL, Mahasiswa Kesmas Unlam Bentuk KADER CERIA, Cegah Remaja Anemia

Sharing is caring!

(Visited 135 times, 1 visits today)