PBL, Mahasiswa Prodi Kesmas Unmuh Pontianak Beri Penyuluhan Tentang ISPA di Desa Tebang Benua

PBL, Mahasiswa Prodi Kesmas Unmuh Pontianak Beri Penyuluhan Tentang ISPA di Desa Tebang Benua

Mahasiswa Prodi Kesmas Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak beri penyuluhan kesehatan bagi warga Desa Tebang Benua, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, pada tanggal 16 februari 2018.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Praktek Belajar Lapangan, yang kami lakukan selama 1 bulan, sejak tanggal 7 Februari hingga 5 Maret 2018 mendatang. Adapun anggota Tim PBL kami di Desa Tebang Benua ini antara lain; Hendri Fitrian (Ketua Kelompok), Anis Setyaningsih, Lili Alfiani, Utin Utami Karlina, Rita Andriati.

BACA JUGA:  5 Fakta Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra Lampung, No. 2 Paling Spesial!

PBL Mahasiswa Prodi Kesmas unmuh Pontianak di Desa Tebang Benua

Materi penyuluhan kesehatan yang disampaikan  dalam kesempatan kali ini adalah tentang kejadian ISPA pada balita di Desa Tebang Benua, Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA, dan Cara Pencegahan Penyakit ISPA.

Penyuluhan ini dihadiri oleh 43 orang, terdiri ibu-ibu Desa Tebang Benua yang mempuyai balita, kader Posyandu dan Bidan Desa.

Warga Desa Tebang Benua

Ibu-ibu Desa Tebang Benua sangat antusias mengikuti penyuluhan kesehatan ini. Mereka juga aktif bertanya kepada narasumber terkait penyakit ISPA ini.

Harapan kami sebagai penulis, semoga apa yang kami sampaikan sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Tebang Benua, bisa merubah perilaku masyarakat menjadi hidup lebih sehat dan menjaga makanan yang dikonsumsi anaknya maupun keluarganya. Dan materi yang kami sampaikan ini semoga bisa menyampaikan kembali pada kekeluarganya, atau rekan yang tidak bisa hadir dalam pertemuan ini.

BACA JUGA:  Penguatan Sistem Manajemen Pengelolaan Limbah Untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup

Penyuluhan ISPA di Tebang Benua

Bidan Desa, Ibu Dayang Tri Nugrahyu. A Md. Keb, juga menyampaikan harapannya, agar masyarakat setelah ini mau dan mampu merubah perilakunya menjadi lebih sehat, rajin membawa anaknya ke Posyandu, kerana imunisasi juga sebagai pencegah penyakit ISPA.

Sharing is caring!

(Visited 180 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *