Pegawai Puskesmas Dilatih Wujudkan Tata Kelola Puskesmas yang Prima
BKDPSDM Kota Medan menggelar Diklat Manajemen Puskesmas Bagi ASN Puskesmas se-Kota Medan, di Hotel Grand Kanaya Medan, Senin (16/10).

Pemerintah Kota Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan menggelar Diklat Manajemen Puskesmas Bagi ASN Puskesmas se-Kota Medan, di Hotel Grand Kanaya Medan, Senin (16/10).

Diklat ini didasarkan dengan kondisi kebutuhan masyarakat Kota Medan akan layanan kesehatan semakin tinggi, terutama bagi masyarakat Kota Medan yang aksesnya masih jauh dari rumah sakit.

Hal inilah yang sedang diupayakan Pemerintah Kota Medan untuk meningkatkan layanan kesehatan di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Medan.

BACA JUGA:  Ombudsman: Kadis Kesehatan Medan Harus Dicopot, Karena Ancam Mutasi Pelapor Pungli di Puskesmas

Walikota Medan Dzulmi Eldin diwakili Staff Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Tunggar SH, ketika membuka diklat mengapresiasi upaya yang dilakukan BKDPSDM Kota Medan, karena diketahui bersama bahwa Puskesmas adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan di Kota Medan ini.

Ini juga menunjukkan adanya sinergitas hubungan antara Dinas Kesehatan Kota Medan selaku stakeholder penyedia layanan kesehatan, serta BKDPSDM Kita Medan sebagai penyedia layanan peningkatan SDM ASN dalam mewujudkan standar manajemen Puskesmas yang diharapkan.

Menurutnya, diklat khusus seperti ini sangatlah dibutuhkan bagi pegawai yang bekerja melayani di Puskesmas Kota Medan terutama dalam menunjang program kegiatan Puskesmas dalam memberikan layanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.

Walikota berharap diklat ini semakin meningkatkan kemampuan Pegawai Puskesmas, khususnya Kepala Puskesmas dalam mengelola manajemen di Puskesmas tempatnya bekerja. Manajemen Puskesmas yang dijalankan nantinya harus mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang selama ini masih dianggap lamban penanganan penyelesaiannya.

BACA JUGA:  Dinkes Kota Medan Adakan Pembinaan Tim Perawatan Kesehatan Jiwa Masyarakat Bagi Petugas Puskesmas

“Manajemen Puskesmas nantinya harus lebih kuat dan berorientasi pelayanan prima. Jangan sampai urusan masyarakat banyak terbengkalai hanya karena sistem manajemen Puskesmasnya yang buruk,” ujar Walikota.

Untuk itu, Walikota meminta Kepala Puskesmas dan staffnya agar dapat mengikuti diklat ini dengan baik, dan bisa memahami hakikat manajemen Puskesmas yang berorientasi penuh pada pelayanan masyarakat.

“Keberhasilan tugas Puskesmas sangat tergantung pada Pengelolaan Puskesmas. Oleh karena itu sama-sama kita wujudkan layanan kesehatan yang prima. Yang terpenting melayani dengan ketulusan hati,” lanjutnya.

Hadir dalam pembukaan diklat tersebut Kadis Kesehatan Kota Medan, drg Usma Polita Nasution, Kepala UPT Pelatihan Kesehatan Sumut, Dr Ahmad Rifai Nasution, serta fasilitator pelatih.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Kepala BKDPSDM Kota Medan, Lahum SH MM yang diwakili Kabid PSDM, Harun Sitompul mengatakan, diklat ini dilaksanakan sejak 16 hingga 27 Oktober 2017 dimana akan diikuti sebanyak 60 orang Pegawai Puskesmas yang terdiri dari Kepala Puskesmas dan staff penyusun program layanan kesehatan.

BACA JUGA:  Puluhan Petugas Puskesmas Jadi Korban Pungli Akreditasi Puskesmas

“Narasumbernya kita undang dari Pusat Pelatihan SDM Kesehatan Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, UPT Pelatihan Kesehatan Sumut, Dinas Kesehatan Kota Medan serta BPJS Kesehatan Cabang Utamana Medan,” kata Harun.

Output dari diklat ini diharapkan peserta mampu memahami prinsip dasar manajemen Puskesmas yang baik dan melayani, sehingga dalam implementasinya Puskesmas dapat menerapkan sistem tata kelola Puskesmas yang baik dan prima.

Pembukaan Diklat Manajemen Puskesmas ini ditandai dengan penyematan Kartu Tanda Peserta Diklat kepada perwakilan peserta.

Sumber mudanews.com

Sharing is caring!

(Visited 149 times, 1 visits today)