Pelatihan Pembentukan Konselor Sebaya Tingkat SMP & SMA oleh Puskesmas Busang
Kegiatan Pembinaan Konselor Sebaya bagi Siswa/i SMPN 1 Busang dan SMAN 1 Busang berlangsung pada 1 November 2017, dilaksanakan di masing-masing sekolah.

Nelson. N.N Ratu, SKM

Nusantara Sehat, Penempatan Puskesmas Busan
Kabupaten Kutai Timur,Prov Kaltim

Kegiatan Pembinaan Konselor Sebaya bagi Siswa/i SMPN 1 Busang dan SMAN 1 Busang berlangsung pada 1 November 2017, dilaksanakan di masing-masing sekolah.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Puskesmas Busang, dengan peserta siswa/i kelas VIII SMP N 1 Busang sebanyak 4 orang konselor dan 23 siswa lainnya. Dan peserta SMA sebanyak 25 siswa/i kelas 10, dan 4 orang siswa sebagai konselor.

BACA JUGA:  Sssstttt...Ini Lho Bahayanya Kalau Kamu Menikah Muda!

Sebagai narasumber kegiatan ini yaitu Nelson N.N Ratu, SKM, Dyan Arisca Amd.Keb. (Pengelola Program PKPR) dan Eny .Selvia Amd.Keb.

Pelatihan Konselor Sebaya oleh PKM Busang

Kegiatan diawali dengan membentuk kelompok-kelompok kemudian dilanjutakan dengan permainan. Tanya jawab antar peserta pelatihan tentang masalah-masalah yang terjadi pada diri sendiri, masalah-masalah yang terjadi dikalangan remaja, kemudian bersama-sama mencoba mencari solusinya. Seluruh siswa tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Dalam pelatihan ini, siswa juga diajak untuk berperan sebagai konselor. Peserta juga dikenalkan syarat-syarat menjadi konselor. Sebagai konselor wajib memenuhi beberapa syarat yaitu menjadi pendengar yang baik, tidak berlagak menjadi guru (menggurui), dapat menyimpan rahasia, mampu mengembalikan rasa percaya diri, dan membenahi pola pikir negatif kliennya menjadi positive thinking.

Pelatihan Konselor Sebaya di SMPN 1 Busang

Konselor teman sebaya bukan konselor profesional melainkan konselolor teman sebaya yang dapat memberikan bantuan untuk memecahkan masalah kepada teman.

BACA JUGA:  Talkshow Bareng PILAR Sragen di Acara Nongkrong Komunitas POP FM Sragen

Harapan dari pihak sekolah yaitu agar Konselor yang telah di bentuk mampu mengajak teman-temannya untuk hidup ber-PHBS, memahami apa itu Dampak dari KTD (Kejadian yang tidak diinginkan), bahaya HIV/AIDS, IMS, NAPSA dll, tentang masalah kesehatan Remaja.

Dari kami petugas kesehatan juga berharap agar team konselor yang telah dibentuk yang telah dibekali beberapa materi tentang konselor dan apa saja yang harus dilakukan oleh konselor, mampu berperan aktif dan bekerja sama dengan Pihak Puskesmas.

Pelatihan Konselor Sebaya di SMAN 1 Busang

Sharing is caring!

(Visited 4,134 times, 11 visits today)