Pemanfaatan Limbah Plastik dan Organik Melalui Urban Farming Wujudkan Zero Waste di DKI Jakarta

Menurut UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Limbah, limbah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Limbah terdiri atas sampah rumah tangga, Limbah sejenis Limbah rumah tanga orgnaik dan non organik. Limbah yang dibuang sembarangan, seperti ke sungai dan laut dapat mencemari lingkungan terlebih Jakarta Utara merupakan wilayah Jakarta yang berdekatan langsung dengan laut lepas teluk Jakarta.

Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Organik Melalui Urban Farming UHAMKA

Kolaborasi Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Awaluddin Hidayat Ramli Inaku (Dosen Kesehatan Lingkungan), Cornelis Novianus (Dosen Kesehatan Masyarakat), dan Bety Samara L (Dosen Ilmu Kedokteran) dengan sasaran masyarakat Dasawisma RT 1-7 di RW 4, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara menghasilkan suatu kegiatan berupa kegiatan pelatihan dan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan masyarakat. Dengan mengetahui bahaya sampah organik dan plastik serta hal apa saya yang bisa dilakukan dalam pemanfaatannya, sampah dapat digunakan kembali khususnya untuk kepentingan urban farming yang kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 27 Juli 2022 di Kantor RW 4, Cilincing, Jakarta Utara.

BACA JUGA:  Pencerah Nusantara Menjebak Saya Untuk Kembali Mengabdi Kepada Masyarakat

Awaluddin Hidayat Ramli Inaku, selaku narasumber 1 menyampaikan tentang bahaya sampah plastik bagi kesehatan lingkungan dan pentingnya mengolah sampah plastik agar tercipta zero waste sesuai program SDG’S (sustainable development goals). Berikutnya Cornelis Novianus dan Bety Samara L, menyampaikan bahaya sampah jika masuk kedalam tubuh manusia dan pentingnya menjauhkan sampah plastik khususnya wadah bekas bahan kimia dari jangkauan anak-anak di dalam rumah.

Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Organik Melalui Urban Farming, Awaluddin Hidayat

Berdasarkan pre dan post test yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan pengetahuan masyarakat terkait topik yang dibawakan oleh narasumber yaitu dari 30,2% menjadi 80,1%. Di akhir kegiatan, Ketua RW 4 dan jajaran RT yaitu RT 12, 13, 14 menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini harus dilakukan secara berkelanjutan agar masyarakat khususnya garda terdepan yaitu Dasawisma dapat meneruskan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat luas.

Pelatihan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Organik Melalui Urban Farming di Cilincing Jakut


Pelaksana:

  1. Awaluddin Hidayat Ramli Inaku, S.KM, M.KL (Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta)
  2. Bety Samara L, MKM (Ilmu Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta)
  3. Cornelis Novianus, S.KM., MKM (Kesehatan Masyararakat, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta)
BACA JUGA:  Selamat Datang Pejuang! Berbanggalah Menjadi Mahasiswa Kesmas dan Mulai Kontribusimu!

 

(Visited 18 times, 1 visits today)