You are here
Home > Berita Kesehatan > Dinkes Kota Medan Adakan Pembinaan Tim Perawatan Kesehatan Jiwa Masyarakat Bagi Petugas Puskesmas

Dinkes Kota Medan Adakan Pembinaan Tim Perawatan Kesehatan Jiwa Masyarakat Bagi Petugas Puskesmas

Dinkes Kota Medan Adakan Pembinaan Tim Perawatan Kesehatan Jiwa Masyarakat Bagi Petugas Puskesmas

Medan - Dinkes Kota Medan adakan Pembinaan Tim Perawatan Kesehatan Jiwa Masyarakat bagi petugas puskesmas tentang penanganan orang dengan gangguan jiwa atau di singkat dengan ODGJ pada fasilitas kesehatan tahap pertama di RS Royal Prima, Jl. Ayahanda No 68 Medan, 04-07 September 2017.

Kegiatan pembinaan ini diikuti oleh petugas perawat kesehatan jiwa puskesmas yang ada di 39 puskesmas se-Kota Medan.

Acara ini menghadirkan narasumber yang sangat berpengalama├▒ dibidang ilmu jiwa yang juga berlatar pendidikan perawat yaitu Prof. Dr. Budi Ana Keliat. M.APP.Sc.

Seperti kita ketahui masalah kejiwaan dan ODGJ pada dekade terakhir merupakan salah satu masalah kesehatan yang terus bertambah secara cepat di masyarakat. Masalah kejiwaan dan penyebab ODGJ yang terjadi saat ini adalah dikarenakan beban hidup yang bertambah berat dan pengaruh narkoba jika hal ini terus dibiarkan maka kesepannya akan sulit di kendalikan.

BACA JUGA:  Ombudsman: Kadis Kesehatan Medan Harus Dicopot, Karena Ancam Mutasi Pelapor Pungli di Puskesmas

Menurut data yang diperoleh dari Kasie.PTM Dinas Kesehatan Kota Medan Ibu dr. Pocut Fatimah Fitri, MARS, sampai saat ini ada sekitar 120 orang dengan masalah kejiwaan yang ditangani oleh perawat FKTP di Kota Medan.

Untuk itu, agar dapat tertanganinya kasus ODGJ di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan dapat melakukan home care untuk melakukan pendekatan terhadap keluarga dalam penanganan penderita dengan masalah kejiwaan maka dirasa sangat penting dilakukannya pembinaan tim perawatan kesehatan jiwa masyarakat dan praktek lapangan oleh Dinas Kesehatan Kota Medan

Sharing is caring!

(Visited 95 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top