Pemkab Sleman Mulai Mendata Anak Sasaran Imunisasi MR

Pemkab Sleman Mulai Mendata Anak Sasaran Imunisasi MR

Pemkab Sleman masih melakukan pendataan untuk anak sasaran imunisasi MR (Measles-Rubella). Hal ini dilakukan jelang program imunisasi MR yang akan dilaksanakan pemerintah pusat pada Agustus-September mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan, Nurulhayah menagatakan sasaran imunisasi tersebut yakni anak usia 9 bulan hingga remaja usia 15 tahun. “[pendataan] Salah satunya dengan kerjasama Dinas Pendidikan yakni SD dan SMP,” ujarnya, Minggu (16/7/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan proses saat ini baru sampai pada finalisas sembari menunggu rekapitulasi dari Dinas Pendidikan.

Program nasional ini sedianya akan disampaikan melalui Pekan Imunisasi Sekolah serta melibatkan posyandu. Selain itu, institusi pendidikan berupa Taman Kanak-Kanak juga dilibatkan untuk anak di kisaran usia kurang dari 7 tahun. Rencananya, imunisasi MR akan dilakukan di sekolah pada Agustus sedangkan posyandu akan menyelenggarakan pada September.

Untuk diketahui, campak merupakan penyakit yang disebabkan virus dengan masa inkubasi 8-13 hari yang disertai gejala demam, bercak kemerahan pada kulit disertai batuk dan pilek.

Sedangkan Rubella merupakan penyakit yang menyerang anak dan remaja. Meski demikian, penyakit Rubella menjadi lebih membayakan jika menyerang ibu hamil karena virus tersebut kemudian bisa membahayakan janinnya dan berdampak permanen.

Beberapa waktu belakang, sosial media juga diramaikan dengan sejumlah kasus Rubella yang menyebabkan sejumlah balita menderita gangguan organ vital.

Sumber Solopos.com

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis