You are here
Home > Dinkes > Pemkab Sleman Mulai Mendata Anak Sasaran Imunisasi MR

Pemkab Sleman Mulai Mendata Anak Sasaran Imunisasi MR

Pemkab Sleman Mulai Mendata Anak Sasaran Imunisasi MR

Sharing is caring!

Pemkab Sleman masih melakukan pendataan untuk anak sasaran imunisasi MR (Measles-Rubella). Hal ini dilakukan jelang program imunisasi MR yang akan dilaksanakan pemerintah pusat pada Agustus-September mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan, Nurulhayah menagatakan sasaran imunisasi tersebut yakni anak usia 9 bulan hingga remaja usia 15 tahun. “[pendataan] Salah satunya dengan kerjasama Dinas Pendidikan yakni SD dan SMP,” ujarnya, Minggu (16/7/2017).

BACA JUGA:  Sukabumi Targetkan 88 Ribu Anak Ikut Imunisasi MR

Lebih lanjut, ia mengatakan proses saat ini baru sampai pada finalisas sembari menunggu rekapitulasi dari Dinas Pendidikan.

Program nasional ini sedianya akan disampaikan melalui Pekan Imunisasi Sekolah serta melibatkan posyandu. Selain itu, institusi pendidikan berupa Taman Kanak-Kanak juga dilibatkan untuk anak di kisaran usia kurang dari 7 tahun. Rencananya, imunisasi MR akan dilakukan di sekolah pada Agustus sedangkan posyandu akan menyelenggarakan pada September.

Untuk diketahui, campak merupakan penyakit yang disebabkan virus dengan masa inkubasi 8-13 hari yang disertai gejala demam, bercak kemerahan pada kulit disertai batuk dan pilek.

Sedangkan Rubella merupakan penyakit yang menyerang anak dan remaja. Meski demikian, penyakit Rubella menjadi lebih membayakan jika menyerang ibu hamil karena virus tersebut kemudian bisa membahayakan janinnya dan berdampak permanen.

BACA JUGA:  Ini Alasannya Vaksin Campak Diberikan Sampai 3 Kali

Beberapa waktu belakang, sosial media juga diramaikan dengan sejumlah kasus Rubella yang menyebabkan sejumlah balita menderita gangguan organ vital.

Sumber Solopos.com

Sharing is caring!

(Visited 40 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top