You are here
Home > Dinkes > Pemkot Gorontalo Programkan Nikah Sehat Lho!

Pemkot Gorontalo Programkan Nikah Sehat Lho!

Kamu Jomblo, Pemkot Gorontalo Programkan Nikah Sehat Lho

Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, programkan nikah sehat bagi warganya. Program ini untuk menekan angka kematian ibu dan anak di daerah itu. Kepala Dinas Kesehatan setempat, Nur Albar, mengatakan akan bekerjasama dengan Kementerian Agama, tokoh-tokoh agama baik Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha untuk mendapatkan kerja sama di semua lapisan masyarakat.

“Program itu akan memeriksa kesehatan calon pengantin, baik pria maupun wanita. Dengan begitu kami bisa mengetahui kondisinya. Setelah pemeriksaan dan kami menemukan adanya gejala yang bisa memengaruhi kondisi kehamilan, maka kami akan memberikan pendampingan,” katanya, Kamis (11/5)

BACA JUGA:  Pemkab Daerah Ini Fokus Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Ia menjelaskan, program itu bukan untuk menunda kehamilan, melainkan lebih memberi edukasi bagi calon ibu dan bapaknya agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa mengancam keselamatan ibu dan anak. Dengan program itu diharapkan bisa menekan angka kematian ibu dan anak yang sangat meresahkan bagi masyarakat. Ini juga diakui Dinas Kesehatan adalah program pertama di Kota Gorontalo.

“Jika kami menemukan ada penyakit yang bisa mengancam ibu dan anak, maka kami bisa menyarankan agar pasangan itu menunda kehamilan hingga mereka sehat. Jika sehat maka tak ada masalah,” katanya.

Tambahnya, dalam program itu pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh bagi calon pengantin perempuan, hingga pemberian vaksin toksoid tetanus. Program ini diakui Nur, telah mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan RI. Bahkan Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat mengapresiasi program tersebut.

BACA JUGA:  Rekrutmen Tenaga Dinkes Kota Denpasar Dikeluhkan Warga, Diduga Ada Orang Titipan

“Untuk pasangan yang hamil di luar nikah tetap akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama. Kami tidak bisa membeda-bedakannya. Semua sama haknya mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

SUMBER Republika.co.id

(Visited 64 times, 1 visits today)
Tolong Bantu SHARE Jika Artikel Ini Bermanfaat,

Leave a Reply

Top

Blog Ini Bermanfaat? Jika YA, Bantu SHARE!