Penerapan Pola Hidup Sehat Di Era New Normal
Patut diingat untuk masyarakat walaupun kita semua sudah memasuki fase New Normal tetap harus memperhatikan dan mematuhi protokol-protokol yang sudah dibuat oleh pemerintah, serta memaksimalkan pencegahan dengan menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh.
Latest posts by KOLAK KETAN BEM FK UNDIP (see all)

Semarang – Telah berlangsung webinar kesehatan yang diselenggarakan oleh Bidang Eksternal Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Webinar ini mengusung tema “Penerapan Pola Hidup Sehat Di Era New Normal”.

Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 September 2020 yang berlangsung pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan menggunakan media Slido.com dan juga Zoom Cloud Meeting. Webinar ini dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan berbagai daerah.

Webinar ini menghadirkan Fahmy Arif Tsani S.Gz., Dietisien., M.Sc sebagai Pembicara Pertama dan Dono Widiatmoko SKM, M.Sc sebagai Pembicara Kedua. Selain itu, webinar kali ini menghadirkan dua Moderator dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Untuk Moderator Pertama adalah Farhan Meilandi Hidayat dari Kedokteran Umum 2019. Untuk Moderator Kedua adalah Edy Nuswantara Putra dari Farmasi 2019.

Fahmy Arif Tsani S.Gz., Dietisien., M.Sc

Latar belakang webinar yang mengusung tema mengusung tema “Penerapan Pola Hidup Sehat Di Era New Normal” yaitu dikarenakan laju penularan Covid-19 di Indonesia saat ini makin mengkhawatirkan. Penularan yang masif terjadi karena mobilitas masyarakat yang semakin hari semakin meningkat. Namun, tingginya mobilitas masyarakat tidak diikuti oleh protokol kesehatan yang maksimal.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pencegahan penularan Covid-19 yang baik dan benar menjadi kegelisahan dan kekhawatiran banyak kalangan karena hal itu dapat meningkatkan bertambahnya jumlah korban/kasus postif Covid-19. Meskipun pemerintah sudah mengambil berbagai langkah strategis, tetapi dalam hal ini peran mahasiswa juga sangat penting untuk turut aktif dalam menerapkan dan mengajarkan pola hidup yang sehat kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Mahasiswa FKM Unhas Bahas Masa depan BPJS di Tahun Politik

Oleh karena itu, melalui kegiatan Kolaborasi Aksi Kesehatan ini diharapkan para mahasiswa mampu memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya peran sebagai agent of change dan social control serta mampu merealisasikannya dengan terjun langsung ke masyarakat unuk memberikan informasi dan edukasi kesehatan.

Webinar kesehatan diawali dengan materi pertama oleh Fahmy Arif Tsani S.Gz., Dietisien., M.Sc yang menyampaikan tentang COVID-19. Tujuan dari pemaparan materi mengenai COVID-19 adalah agar peserta mengetahui dan memahami informasi penting terkait Covid-19 sehingga menyadari pentingnya melakukan pencegahan dan dapat memberikan pengaruh serta informasi yang benar kepada masyarakat melalui edukasi kesehatan.

Hal yang dapat diambil dari materi yang diberikan oleh pembicara pertama yaitu mengenai COVID-19. COVID-19 pertama kali ditemukan di Wuhan, China (Desember 2019). Virus ini berhubungan dengan beberapa virus lain yang sudah ada sebelumnya seperti: Middle East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Penyakit ini menular dengan beberapa cara yaitu: Droplet (tetesan cairan), kontak pribadi, dan juga sentuhan ke area wajah setelah menyentuh permukaan dengan virus diatasnya. Gejala-gejala klinis orang yang terinfeksi akan mengalami gangguan pernafasan seperti: Demam, sakit tenggorokan, flu, batuk, serta sesak nafas.

Fahmy Arif Tsani S.Gz., Dietisien., M.Sc lanjut memaparkan tentang New Normal, mulai dari pengertian umum New Normal (Merupakan penyesuaian suatu keadaan baru yang tidak biasa, namun menjadi sesuatu yang dilakukan secara umum), alasan mengapa adanya New Normal pada saat sekarang (Penyesuaian, menjaga situasi ekonomi agar kondusif), persiapan New Normal (antara lain lebih perduli terhadap kebersihan dengan selalu menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung, rutin mencuci tangan, lebih perduli terhadap kesehatan dengan menjaga kekebalan tubuh melalui olahraga secara teratur serta makan makanan bergizi, membatasi pertemuan secara langsung dengan orang lain, lebih menjaga jarak dengan orang lain saat diluar rumah, dan membatasi keluar rumah), dan tak lupa New Normal Starter Pack (Masker, hand sanitizer, disinfektan, face shield, dll).

BACA JUGA:  Serunya Program International Field Study 30 Hari Prodi Kesmas UMJ di Thailand

Kemudian pembicara lanjut menjelaskan tentang Kesehatan. Apa itu sehat, rumus dasar kesehatan, dan lagi-lagi tak ada lelahnya mengingatkan betapa pentingnya meningkatkan imunitas tubuh di masa New Normal melalui makanan yang bergizi seimbang, olahraga yang cukup, pola tidur yang baik, pembatasan aktivitas social, keamanan pangan.

Tak lupa juga dijelaskan gizi-gizi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh pada saat pandemic seperti ini, serta frekuensi olahraga yang benar agar manfaatnya terasa. Materi pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab  dari  narasumber beserta moderator, dan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Moderator Pertama.

Dono Widiatmoko SKM, M.Sc

Materi Kedua disampaikan oleh Dono Widiatmoko SKM, M.Sc dengan membawakan materi “Talkshow COVID-19 dan Era New Normal”. Tujuan dari Talkshow ini adalah berpesan agar masyarakat tidak panik meskipun virus corona belum ada antivirusnya. Gejala-gejala pada tubuh berbeda-beda tingkat keparahannya sesuai dengan daya tahan tubuh. Tidak berarti setelah terjangkit orang bisa langsung meninggal.

Saat ini pemerintah sudah mengambil banyak langkah yang cukup bagus untuk mengantisipasi persebaran virus ini. Dan patut diingat untuk masyarakat walaupun kita semua sudah memasuki fase New Normal tetap harus memperhatikan dan mematuhi protokol-protokol yang sudah dibuat oleh pemerintah, serta memaksimalkan pencegahan dengan menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh. Salah satu contohnya dengan cara rajin mencuci tangan sesuai standar WHO, dan jika bersin tutup dengan lengan, bukan tangan. Materi kedua diakhiri dengan  penyerahan sertifikat secara simbolis oleh moderator kedua dan dilanjutkan evaluasi dan absen.

Peserta Webinar Kolak ketan 3, Penerapan Pola Hidup Sehat Di Era New Normal

Acara webinar kesehatan pada hari Sabtu, 3 Oktober 2020 diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh panitia dan peserta.

Penulis :
Nandita Mawa Ayuning Pramesti
Ilmu Gizi 2019
Bidang Eksternal
Badan Eksekutif Mahasiswa
Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Sharing is caring!

(Visited 77 times, 2 visits today)