Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP Angkatan PK-188 Vamsa Arkabiwara Dukung Pendidikan Inklusif

Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Angkatan PK-188 Vamsa Arkabiwara, realisasikan proyek sosial dukung penyediaan Sarana dan Prasarana Belajar Bagi Siswa/i SMP & SMK Qoryah Toyyibah Cijambe, Bogor dan SDN Yawil, Alor.

Bogor, 25 Juli 2022 – Penerima Beasiswa LPDP RI Angkatan PK-188 Vamsa Arkabiwara, yang berjumlah 186 orang, berhasil merealisasikan proyek sosial yang mengusung tema “Pendidikan Inklusif” di SMP & SMK Qoryah Toyyibah Cijambe, Bogor dan SDN Yawil, Alor.

Merasa terpanggil dengan kondisi pendidikan di Indonesia yang belum secara merata dapat dinikmati oleh seluruh anak bangsa, khususnya di daerah dengan tingkat kesulitan yang tinggi maka seluruh peserta PK 188 Vamsa Arkabiwara dalam semangat berkontribusi bagi bangsa mengusung tema “Pendidikan Inklusif” yang dituangkan dalam aksi nyata menggalang dana untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar akibat minimnya sarana dan prasarana pendukung, seperti di SMK Qoryah Toyyibah di Dusun Cijambe Desa Banyuasih Kecamatan Cigudeg Kabupaten  Bogor dan SDN Yawil Desa Sidabui Kecamatan Alor Selatan Kabupaten Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Aksi Sosial SDN Yawil, Alor

Kegiatan ini dimulai dengan proses  penggalangan dana oleh internal peserta PK-188 Vamsa Arkabiwara melalui jalur sponsorship dan non-sponsorship, kick-off  kegiatan hingga penyerahan donasi. Total dana yang berhasil terkumpul berjumlah Rp 101,532,422,- yang dialokasikan untuk kebutuhan penyediaan sarana dan prasarana pendukung belajar di dua lokasi tersebut.

Kick-off kegiatan dilakukan pada tanggal 16 Juli 2022 bertempat di SMP & SMK Qoryah Toyyibah Cijambe, Bogor, Jawa Barat. Adapun pada kick-off ini peserta PK-188 Vamsa Arkabiwara mengadakan berbagai kegiatan, seperti pelatihan IT bagi guru dan siswa SMP & SMK, bazar barang layak pakai dan pengecekan kesehatan gratis bagi masyarakat setempat.

BACA JUGA:  SKM Nusantara Sehat, Mengabdi Untuk Kesehatan Masyarakat Pulau Terluar

Lebih lanjut, pada tanggal 25 Juli 2022, penyerahan dana bantuan Sarana Prasarana Penunjang Pendidikan dan Pembangunan Ruang Kelas SMP & SMK Qoryah Toyyibah diserahkan langsung kepada Ketua Yayasan dengan disaksikan oleh guru dan siswa dan Penyerahan Bantuan Sarana Prasarana Penunjang Pendidikan berupa meja, papan tulis, alat tulis siswa, seragam sekolah dan buku pelajaran juga berlangsung di SDN Yawil, Alor. Penyerahan bantuan ini diserahterimakan kepada Kepala Sekolah SDN Yawil dan seluruh siswa.

“Kegiatan proyek sosial ini kami lakukan sebagai bentuk langkah nyata kami dalam mengabdi dan memberikan kontribusi untuk kemajuan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Selain itu, kegiatan ini kami lakukan sebagai salah satu bentuk rasa syukur kami karena telah dipercaya oleh pemerintah sebagai penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia LPDP RI untuk dapat melanjutkan studi S2 dan S3 kami, baik di kampus dalam negeri maupun luar negeri,” tutur Gunawan, Ketua Angkatan PK-188 Vamsa Arkabiwara.

Aksi Sosial Vamsa Arkabiwara di SMP & SMK Qoryah Toyyibah Cijambe,

Gunawan menegaskan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan mendukung proses pembelajaran. “Harapannya semoga dengan kegiatan proyek sosial yang kami lakukan dapat memberikan manfaat secara nyata bagi peningkatan kualitas proses pembelajaran, baik di Dusun Cijambe maupun di Desa Yawil.”

“Kami sangat bergembira dan menyambut baik adanya kegiatan ini, terutama kegiatan pelatihan IT. Walaupun lokasi kami jauh dari akses teknologi dan keterbatasan sarana, kami masih berkesempatan untuk belajar komputer dari anggota PK-188.” Lebih lanjut, Bapak Suhrowardi, Ketua Yayasan Qoryah Thoyyibah Al Mughni, berharap agar kegiatan ini dapat memberikan semangat lebih bagi siswa/i SMP & SMK Qoryah Thoyyibah untuk belajar lebih giat sehingga mampu bersaing dalam era teknologi kedepannya.”

BACA JUGA:  Pengalaman Lulus SKM dan Mengabdi di Puskesmas Negeri Besar, Way Kanan

Bapak Muhamad Zunaedi selaku Kepala Sekolah SMK Qoryah Thoyyibah juga menambahkan bahwa “Ajang pelatihan ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mempraktikkan apa yang selama ini mereka pelajari dari buku. Besar harapannya hubungan silaturahmi dengan PK-188 dapat terus terjaga dan di kemudian hari bisa diadakan program pemberian keterampilan untuk pengolahan sumber daya alam (SDA) di Cijambe sehingga dapat memajukan perekonomian.”

Antusiasme juga terlihat dari para siswa/i yang mengikuti pelatihan, “Alhamdulillah, senang! Jadi bisa pelan-pelan lancar dalam mengetik. Kedepannya ingin belajar komputer lagi, kata Ima, salah satu siswi yang mengikuti pelatihan. Ditambahkan oleh Ima, “Semoga sekolah dan desa Cijambe lebih baik lagi, juga semoga kakak-kakak PK-188 sukses selalu dan semangat”.

SMP & SMK Qoryah Toyyibah Cijambe

Selain pelatihan IT, warga setempat juga sangat bersemangat dengan adanya bazaar dan pengecekan kesehatan gratis. “Sangat terhibur dan banyak manfaat yang didapat. Harapannya semoga guru-guru selalu sehat.” kata Ibu Ida dan Ibu Nining, mewakili warga lokal Dusun Cijambe.

Animo dari pengurus wilayah, pihak sekolah, siswa dan warga setempat dirasa sangat positif sehingga seluruh kegiatan proyek sosial PK-188 Vamsa Arkabiwara dapat terlaksana dengan baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada para sponsor dan donatur seperti PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, CIMB Niaga, PT. Intiroda Makmur, PT. Onduline Indonesia, PT. Anomi Fusi Indotama, atas dukungan dalam menyukseskan kegiatan. Lebih lanjut, kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan publikasi dari rekan Community Partner dan Media Partner, seperti Alura (Alumni Pencerah Nusantara), Kesmas.ID, Info Volunteers, Info NTT, dan Lampung Post.

Penulis:
Tim Proyek Sosial PK-188 Vamsa Arkabiwara

(Visited 63 times, 1 visits today)