Pengabdian Masyarakat Prodi Gizi Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Megarezky Makassar di Kabupaten Maros

Sabtu, 2 Juli 2022, Program Studi Gizi bersama dengan Program Studi Ners berkolaborasi dalam melakukan pengabdian masyarakat di Desa Moncongloe Kabupaten Maros dengan tema “Pemberian Edukasi Sebagai Upaya Peningkatan Status Gizi Keluarga pada Masyarakat” di Desa Moncongloe. Selain Dosen Keperawatan dan Gizi, dari Fakultas Keperawatan dan Kebidanan diwakili oleh Ns. Saiful, S.Kep.M.Kep. selaku Wakil Dekan I. Adapun sasaran kegiatan yakni balita, ibu hamil, ibu menyusui, wanita usia subur, dan lansia.

Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh Kepala Dusun, Kepala Desa, serta Kepala Bidang kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Maros serta seluruh tim dari Unimerz. Dalam sambutannya, masing-masing memaparkan bagaimana program dan kegiatan dari Kampus Unimerz, Desa Moncongloe dan Dinas kesehatan dapat berjalan sinergis sehingga pencapain kesehatan masyarakat dapat tercapai sampai 100 persen.

BACA JUGA:  Pengabdian Masyarakat, Prodi Kesmas STIKes Kuningan Edukasi Kesehatan Murid SD dan Ponpes

Pengabdian Masyarakat Prodi Ners Univ Megarezky Makassar di Desa Moncongloe

Setelah sambutan oleh para stakeholder, maka dilanjutkan dengan penyuluhan dan edukasi serta pemeriksaan kesehatan baik dari dosen Profesi Ners maupun dari Dosen Gizi yang masing-masing didampingi oleh mahasiswa sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa dalam menjalankan tugas dilapangan kelak.

Prodi Gizi sendiri sebelum  melakukan edukasi dilakukan pengukuran status gizi berupa pengukuran berat badan, tinggi badan dan kadar lemak tubuh,  dilanjutkan dengan edukasi oleh dosen gizi dan sesuai dengan sasaran masing-masing.

Adapun edukasi yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan status gizi keluarga pada masyarakat Moncongloe diataranya:

  1. Edukasi pentingnya gizi seimbang pada wanita usia subur (Ismi Irfiyanti Fachruddin, S.Gz.,M.Gizi)
  2. Edukasi tentang gizi ibu hamil (Andi Fatwa Tenri Awaru, S.Gz.,M.Kes,)
  3. Edukasi Pentingnya Bedong PAZ AL KASAW dalam rangka perbaikan status gizi balita (Nur Asmi, SKM.,M.Kes.)
  4. Gizi pada lansia dan riwayat hipertensi (Hardianti Pratiwi, S.Gz.,M.Si.)
  5. Edukasi jajanan sehat pada pendamping anak sekolah (Fatimah Fitriani Mujahidah, S.Gz.,M.Kes.)

Pengabdian Masyarakat Prodi Gizi Univ Megarezky Makassar di Desa Moncongloe

Alhamdulillah, pelaksanaan berjalan lancar mulai dari jam 09.00-12.00 WITA dan mendapat dukungan baik dari bapak Muhammad Tahir sebagai Kepala Desa Moncongloe dan dari Ibu Fitriani Nur, SKM.,M.Kes. (Kabid Kesmas) sebagai penanggung jawab dalam Bidang Kesehatan Masyarakat Kabupaten Maros. Besar harapannya agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sampai akhirnya ada hasil yang didapatkan berupa tercapainya target kesehatan masyarakat.

(Visited 19 times, 1 visits today)