Pengabdian Masyarakat, Prodi Kesmas STIKes Kuningan Edukasi Kesehatan Murid SD dan Ponpes

Pengabdian Masyarakat, Prodi Kesmas STIKes Kuningan Edukasi Kesehatan Murid SD dan Ponpes
Prodi Kesmas STIKes Kuningan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SDN 1 Nusaherang dan Pondok Pesantren Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Jambar.

Rabu, 09 Agustus 2017, dosen dan mahasiswa Prodi Kesmas melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SDN 1 Nusaherang dan Pondok Pesantren Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Jambar, Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Kesmas.

BACA JUGA:  Bebas Stunting Untuk Mengejar Bonus Demografi Indonesia Sehat, Cerdas dan Produktif

Pelaksanaan pengmas pada kesempatan ini dibagi menjadi dua tim. Tim pertama melakukan penyuluhan di SDN 1 Nusaherang dengan sasaran siswa-siswi kelas IV, V dan VI. Kegiatan diawali dengan melakukan pretest kepada semua siswa siswi dan dilanjutkan dengan pemberian materi penyuluhan. Adapun materi penyuluhan yang disampaikan yaitu tentang cuci tangan pakai sabun (CPTS), kesehatan gigi dan mulut serta tentang jajanan sehat. Siswa-siswi kelas IV mendapatkan penyuluhan tentang cuci tangan pakai sabun. Materi disampaikan dengan cara menampilkan video yang berisi langkah-langkah cara mencuci tangan yang benar.

Siswa siswi kelas V mendapatkan materi tentang jajanan sehat yang disampaikan melalui permainan Kwartet. Sedangkan siswa siswi kelas VI mendapatkan materi tantang kebersihan gigi dan mulut yang disampaikan melalui permainan UNO.

BACA JUGA:  Wujudkan Kampus Siaga Kependudukan (KSK), Dinas PPKB Kab. Kuningan Gandeng STIKes Kuningan

Selanjutnya Tim Kedua memberikan penyuluhan tentang rokok di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhlas Jambar yang berlokasi tidak jauh dari SDN 1 Nusaherang. Media yang dipakai dalam menyampaikan materi yaitu dengan memutar video tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Media penyampaian materi yang digunakan pada kesempatan ini merupakan hasil kreatifitas mahasiswa Kesmas dalam mengembangkan media promosi kesehatan, dengan tujuan agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami dan menarik perhatian khususnya bagi anak sekolah.

Partisipasi para siswa siswi sangat baik terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang muncul ketika sesi tanya jawab berlangsung. Kegiatan diakhiri dengan posttest serta pemberian doorprize bagi siswa siswi yang dapat menjawab pertanyaan.

Kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar dan harapannya, melalui kegiatan ini Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat disekitarnya.

BACA JUGA:  Dosen Kesmas STIKes Kuningan Terpilih Jadi Fasilitator Project Financial Life Skill USAID

Sharing is caring!

(Visited 270 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *