Pengabdian Masyarakat, STIKes Kuningan Beri Penyuluhan Kesehatan di SMPN 1 Cibereum

Pengabdian Masyarakat, STIKes Kuningan Beri Penyuluhan Kesehatan di SMPN 1 Cibereum
Dengan adanya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, masyarakat bisa ikut merasakan dampak dari keberadaan kampus STIKes Kuningan.

Sejumlah dosen STIKes Kuningan melaksanakan penyuluhan cara cuci tangan yang baik dan pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) pada siswa siswi SMPN 1 Cibereum Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah dosen dari Program Studi Keperawatan, Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Kebidanan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 19 Oktober 2017.

BACA JUGA:  Bincang Ringan Bersama Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan

TIM pertama memberikan penyuluhan tentang pentingnya cuci tangan, kemudian diberikan langkah-langkah cara cuci tangan yang benar. Dalam pelaksanaannya mahasiswa di pandu oleh seorang dosen mulai dari pemberian pengarahan sampai simulasi di dalam kelas bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Selanjutnya para siswa siswi diajak untuk mempraktekan langsung 6 langkah cara mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Penyuluhan ini selain diberikan kepada siswa siswi kelas IX juga ditujukan pada para kader UKS.

TIM kedua bertugas memberikan pelatihan tentang konsep dasar P3K, balut dan bidan, transportasi evakuasi pasien/korban dan penatalaksanaan perdarahan/luka. Pelatihan berlangsung di ruang aula sekolah yang diikuti oleh para kader UKS. Sejumlah kader diberikan pengetahuan tentang dasar-dasar P3K. kemudian para kader diberikan keterampilan tentang cara membalut luka dan cara membawa atau mengevakuasi korban serta penatalaksanaan perdarahan.

BACA JUGA:  Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan Ikuti Kuliah Online

Respon para siswa siwi terlihat cukup baik terlihat pada saat pelaksanaan praktik mencuci tangan dimana setiap siswa ingin mencoba mempraktikan cara mencuci tangan yang benar. Begitu juga dengan para kader UKS yang mendapat pelatihan P3K, mereka terlihat sangat antusias pada saat simulasi pertolongan korban kecelakaan.

Salah satu guru menyampaikan bahwa dalam rangka mengimplementasikan komitmen sekolah dalam mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi para siswa, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah. Kami selalu berupaya untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa siswi yang terkait dengan bidang kesehatan. Kemitraan dengan STIKes Kuningan ini merupakan wujud nyata dari upaya kami. Tidak hanya itu sekolah pun telah menyediakan tempat cuci tangan yang cukup baik disetiap kelas, adanya spanduk/poster PHBS tatanan sekolah dan poster larangan merokok yang terpampang di halaman sekolah.

BACA JUGA:  Mahasiswa Promkes Ini Ajarkan PHBS Kepada 30 Siswa Madrasah

Koordinator tim pengabdian masyarakat STIKes Kuningan mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari tri darma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, masyarakat bisa ikut merasakan dampak dari keberadaan kampus.

Sharing is caring!

(Visited 261 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *