Puskesmas Negeri Besar, Way Kanan
Ini sepenggal kisahku setelah lulus SKM dari Universitas Mitra Indonesia Lampung, dan kini mengabdi di Puskesmas Negeri Besar, Way Kanan Lampung.

Saya alumni Universitas Mitra Indonesia Lampung 2018. Sebelum lulus SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat), selama 1 tahun saya pernah menjadi TKS (Tenaga Sukarela) di Puskesmas Tanjung Sari Natar sampai lulus S1 Kesehatan Masyarakat.

Awalnya masuk kesmas belum tahu apa itu Kesmas, tapi ternyata kini menjadi panggilan hati. Bagaimana tidak, panggilan hati untuk senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat dimulai dari diri sendiri agar layak menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

Menjadi TKS itu penuh perjuangan, penuh dedikasi, walaupun tidak sesuai dengan jurusan karena disana saya bertugas dibagian Pendaftaran dan Rekam Medik. Tapi ya harus disyukuri karena dapat pekerjaan sebelum lulus kuliah, daripada menganggur, betul tidak?!

Seiring berjalan waktu, ada informasi lowongan kerja SKM tenaga kontrak Dinas Kesehatan Way Kanan. Saya pu mencoba mendaftar dan alhamdulillah diterima sebagai tenaga kontrak. Saat ini saya bertugas di Puskesmas Negeri Besar, Way Kanan sebagai Tenaga Penyuluh (Promkes).

Penyuluhan Kesehatan Puskesmas Negeri Besar, Way Kanan

Awal pertama di Puskesmas Negeri Besar saya langsung dilibatkan menjadi anggota tim audit. Selama tiga hari workshop audit internal Dinkes Way Kanan, mau tidak mau harus belajar lagi untuk memahami tugas si penulis. Tidak cuma menjadi anggota tim audit, tapi saya juga ikut terlibat dalam MMD (Musyawarah Masyarakat Desa), Posbindu, dll.

Puskesmas Negeri Besar yang terus berbenah memberikan pelayanan terbaik untuk pasien, dan mempersiapkan diri menghadapi Akreditasi bulan November 2019 mendatang, seluruh staff sedang mempersiapkan administrasi, program, sarana dan pra sarana dll, sesuai 8 standar akreditasi puskesmas.

Sharing is caring!

(Visited 205 times, 2 visits today)