Pengaruh Diet Kamu Sama Menstruasi, Baca Disini!
Pola diet berpengaruh pada pola menstruasi. Nah, pastinya penasaran kan apakah pola diet kamu selama ini berpengaruh pada pola menstruasi kamu? Cek disini!

Gizi adalah makanan yang dapat memenuhi kesehatan. Zat gizi adalah unsur yang terdapat dalam makanan dan dapat memengaruhi kesehatan. Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ serta menghasilkan energi. Menarke (menstruasi pertama) adalah haid yang pertama terjadi, yang merupakan ciri khas kedewasaan seorang wanita yang sehat dan tidak hamil.

Status gizi remaja wanita sangat memengaruhi terjadinya menarke (menstruasi) baik faktor usia terjadinya menarke, adanya keluhan-keluhan selama menarke maupun lamanya hari menarke. Hormon yang berpengaruh terhadap terjadinya menarke (menstruasi) adalah estrogen dan progesteron. Estrogen berfungsi mengatur siklus haid, sedangkan progesteron berpengaruh pada uterus yaitu dapat mengurangi kontraksi,selama siklus haid.

Status gizi dikatakan baik, apabila nutrisi yang diperlukan baik protein, lemak, karbohidrat, mineral, maupun air digunakan oleh tubuh secara keseluruhan. Gizi kurang atau terbatas selain akan mempengaruhi pertumbuhan, fungsi organ tubuh, juga akan menyebabkan terganggunya fungsi reproduksi. Hal ini dapat berdampak pada gangguan haid, tetapi akan membaik bila asupan nutrisinya baik.

Selain itu ada pula diet yang dapat berpengaruh pada siklus haid, yaitu diet vegetarian dan diet rendah lemak. Pada wanita yang mengkonsumsi diet vegetarian terjadi peningkatan frekuensi gangguan siklus menstruasi. Prevalensi ketidakteraturan menstruasi 26.5% pada vegetarian dan 4.9% pada nonvegetarian.

Sedangkan pada diet rendah lemak akan menyebabkan tiga efek utama, yaitu panjang siklus menstruasi meningkat rata-rata 1.3 hari, lamanya waktu menstruasi meningkat rata-rata 0.5 hari, dan fase folekuler meningkat rata-rata 0.9 hari. Dengan demikian maka bagi wanita yang bukan vegetarian bila berubah ke diet rendah lemak akan memperpanjang siklus menstruasi sebagai akibat dari memanjangnya fase menstruasi dan fase folikuler.

Dan ada pun yang disebut dengan Sindrom Premenstrual, dimana sindrom premenstrual adalah kombinasi gejala yang terjadi sebelum haid dan menghilang setelah haid keluar. Gejala utama meliputi sakit kepala, letih, sakit pinggang, pembesaran dan sakit pada payudara dan perasaan begah pada perut.

Dan ada pun yang disebut dengan gizi seimbang masa menarke (menstruasi), untuk memperoleh gizi seimbang maka diperlukan protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin maupun air digunakan oleh tubuh sesuai dengan kebutuhan.


Materi ini dipaparkan oleh Kelompok 8, Kelas 1C (Semester 2) DIII Kebidanan Universitas Mega Rezky Makassar, sebagai tugas Mata Kuliah Gizi dan Kesehatan Reproduksi, dengan anggota:

  • Riska (183145106089)
  • Asmita Musdalifah (183145106098)
  • Irmawati Talib (183145106101)

Dosen Pengampu: Nur Asmi, SKM, M.Kes.

Sharing is caring!

(Visited 114 times, 3 visits today)