Pengmas Blood “The Miracle of Giving, One Blood One Life”

UKPM Pena FKM Univ. Andalas

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa
Fakultas Kesehatan Masyarakat Universita Andalas
UKPM Pena FKM Univ. Andalas

Latest posts by UKPM Pena FKM Univ. Andalas (see all)

Departemen Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas telah menyelanggarakan kegitan donor darah Pengmas Blood dengan tema “The Miracle of Giving, One Blood One Life”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada 10 dan 11 April 2019 yang bertempat di halaman Perpustakaan Universitas Andalas, Limau Manis.

Pengmas Blood ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian civitas academica FKM Unand terhadap sesama, mendata Mahasiswa FKM Unand yang bersedia menjadi pendonor, serta memfasilitasi pendonor dalam donor darah.

BACA JUGA:  Peringati Hari Kanker, PAMI Lampung Gandeng PMI Gelar Donor Darah

Dalam mengadakan kegiatan ini, departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FKM Unand bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Padang. Proses pendonoran darah dilakukan didalam bus donor darah oleh 1 orang dokter dan 2 asistennya.

Hingga acara berakhir, 92 orang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk mendonorkan darahnya, dan partisipan tersebut tidak hanya berasal dari FKM Unand tetapi juga dari berbagai kalangan yang ada di Universitas Andalas.

donor darah bem fkm univ andalas

Untuk bisa berpartisipasi mendonorkan darah, para calon pendonor mengisi formulir yang telah disediakan. Salah satu isian di dalam formulir tersebut adalah berat badan, dan jika tidak mengetahui berat badannya sudah disediakan timbangan untuk mengukur di tempat.

Bagi yang baru pertama kali melakukan donor darah maka formulir diserahkan kepada pihak dari PMI yang ikut mendampingi di kegiatan ini. Sedangkan bagi yang sudah pernah berpartisipasi dalam donor darah sebelumnya, dapat menyerahkan kartu donor darah beserta formulir yang sudah diisi.

BACA JUGA:  Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Kerjasama FKM Unand Laksanakan Studi Banding Ke FKM UI

Setelah pengisian formulir, calon pendonor akan melakukan pengecekan kesehatan untuk memastikan bisa mendonor atau tidak, termasuk di dalamnya pengecekan tekanan darah (tensi), hb, serta golongan darah.

Setelah melakukan tes kesehatan dan dinyatakan bisa mendonorkan darah, calon pendonor diminta untuk menunggu giliran ke mobil PMI untuk mendonorkan darahnya. Selesai melakukan pendonoran darah, para pendonor mendapatkan bingkisan yang telah disediakan serta kartu pendonor.

(Nadella Maharani Heryanto dan Yalna Tamilza)
UKPM Pena BEM KM FKM Unand
Generasi Cakrawala

Sharing is caring!

(Visited 34 times, 1 visits today)