Pengobatan TB Bisa di Semua Puskesmas
’’Pengobatan TBC bisa dilakukan di semua Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Rohil,’’ ujar Sekda Rohil Ahad (26/3) di sela-sela pelaksanaan Car Free Day

Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan MSi berbaur dengan warga saat berjalan santai di Car Free Day. Pada kesempatan itu, Dia mengajak dan menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspadai terhadap penyakit TB atau dikenal dengan sebutan Tuberkolusis. Batuk yang tidak kunjung sembuh selama dua minggu agar secepat untuk segera dibawa berobat.

’’Pengobatan TBC bisa dilakukan di semua Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Rohil,’’ ujar Surya Ahad (26/3) di sela-sela pelaksanaan car free day yang dipusatkan di halaman gedung Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah di Jalan Mardeka Bagansiapi-api.

Selama pengobatan TB di semua puskesmas, lanjut pria yang hobi memancing ini menambahkan, dilaksanakan tanpa dipungut bayaran atau gratis. ’’Kalau ada pengobatan TBC di Puskesmas yang bayar, segera informasikan kepada saya,’’ ujarnya.

Perlunya mewaspadai penyakit TB ini, ternyata tidak terlepas dari aksi ketuk pintu yang telah dilaksanakan di semua Puskesmas yang berada di negeri seribu kubah ini. Dengan memegang gadget milik unsur dinas kesehatan Kabupaten Rohil, Surya menginformasikan hasil pelaksanaan ketuk pintu tersebut.

Dari sekitar 3.082  pintu rumah masyarakat yang telah diketuk petugas kesehatan di semua daerah di Kabupaten Rohil, lanjut Surya, ditemukan sekitar 900 warga yang diduga TB. Sedangkan yang positif menderita penyakit TB sebanyak 468 orang. ’’Khusus untuk batuk berdahak sebanyak 36 orang. Ini baru sampel,’’ kata Surya.

Melalui kebijakan nasional lanjut Surya, penanganan masalah TB dikemas dalam istilah TOSS (Temukan TB, Obati Sampai Sembuh). ’’Kesimpulannya, penyakit TB itu dapat diobati,’’ kata Surya.

Selain itu, putra kelahiran Bagansiapi-api ini mengajak kepada semua petugas puskesmas untuk senantiasa meningkatkan kegiatan ketuk pintu. ’’Jadi, kegiatan yang sudah dilakukan itu dapat terus ditingkatkan,’’ kata Surya.

SUMBER

Sharing is caring!

(Visited 638 times, 1 visits today)