Pentingnya FGD Bagi Pasien TBC RO

Pentingnya FGD Bagi Pasien TBC RO

Senin,  8 November 2021, RS Roemani Muhammadiyah Semarang mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kegiatan dilakukan di Poli TBC. Kegiatan tersebut melibatkan Pasien Suporter, kelurga pasien dan pasien TBC RO. Hadir pula mendukung  kegiatan tersebut Direktur Layanan Medis RS, Dinas Kesehatan Kota Semarang, USAID Mentari TB Jateng dan Tim Penanggulangan TBC RS.

FGD ini merupakan kegiatan rutin bulanan untuk memberikan pengetahuan tentang TBC RO dari berbagai aspek bahasan. Kegiatan ditujukan kepada pasien TBC RO dan keluarga yang mengantar untuk menguatkan komitmen dalam menjalani pegobatan TBC RO. Selain itu harapannya dengan adanya kegiatan ini pasien memperoleh pengetahuan tentang penyakitnya (TBC RO), mengakrabkan hubungan pasien, keluarga pasien, dengan pelaksana layanan.

Menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut Syaifulloh, S.Sos. Kom.MM selaku Ketua Lazismu kantor layanan RS Roemani Muhammadiyah. Program-program Lazismu bisa disingkronkan dengan pasien TBC RO yang membutuhkan bantuan sehingga bisa menambah semangat pasien dalam menjalani pengobatan.

FGD dipandu oleh pasien suporter Putri Listiyo W dan Triyanto membahas tentang perkembangan pasien, efek samping obat, solusi untuk mengatasi efek samping obat dari pengalaman pasien. Semua pasien menyampaikan pengalamannya satu sama lain sehingga diskusi ini terlihat hidup. FGD di tutup dengan pembuatan group WA pasien TBC RO.

“Hadir di kegiatan ini merasa senang, karena merasa tidak sendiri sebagai pasien TBC RO yang harus menjalani pengobatan yang panjang sampai 2 tahun. Pengalaman dari teman-teman yang sudah berjalan pengobatan lama menjadi pengetahuan untuk saya dan motivasi saya“, ungkap Masamah, 44 tahun, yang masih menjalani 1 bulan pengobatan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis