Pentingnya GERMAS Untuk Meningkatkan Kesehatan
Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah suatu upaya yang digagas oleh Kemenkes RI untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Bagus Dwi Prayitno

Staf MCT at UPT Puskesmas Sungai Guntung
Nusantara Sehat Batch 2
Bagus Dwi Prayitno

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah suatu upaya yang digagas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Guna mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, dan sadar terhadap pentingnya memelihara kesehatan.

BACA JUGA:  Program Implementasi KTR & Germas di Maratua Kaltim

Dalam kesempatan ini disampaikan langsung oleh Gubernur Provinsi Riau Bapak H. Arsyadjuliandi Rachaman pada hari minggu 30 April 2017 bertempat di Lapangan Gajah Mada Tembilahan., “Germas kita canangkan ke seluruh masyarakat Riau. Lewat Germas  kita harapkan masyarakat bisa hidup lebih sehat dan rutin mengecek kesehatan secara berkala.”

Sementara itu, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengatakan,”Germas harus menjadi budaya masyarakat yangdilakukan dengan kesadaran penuh untuk peningkatan kualitas hidup. Ini harus didukung oleh semua pihak.”

Peran seluruh lintas sektor diperlukan untuk mewujudkan keberhasilan implementasi Germas. Untuk itu, Pemerintah Daerah Kab/ Kota dapat melakukan; 1)Advokasi kepada Gubernur/Bupati/Walikota untuk menerbitkan kebijakan terkait bidang kesehatan dengan menggunakan data IPM 2015, IPK 2013, Hasil PSG2015 dan monitoring STBM 2015; 2) Melakukan pertemuan dengan SKPD, ToMa/ToGa dan Dunia Usaha serta Akademisi untuk menerapkan Germas melaluiPerilaku Hidup Bersih Sehat di tatanan masing-masing; 3) Memberikan contoh penerapan kebijakan aktivitas fisik dalam bentuk olahraga; 4) Menyebarluaskaninformasi tentang manfaat konsumsi sayur dan buah; 5) Menyediakan sarana pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi masyarakat; 6) Menjalin kerjasamadengan Dinas Pertanian untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman sayur dan buah; dan 7) Melakukan kegiatan deteksi dini kanker payudara danleher rahim pada perempuan. (rilis Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kemkes RI)

BACA JUGA:  Peringati HKN Ke-53, Puskesmas Baraka Gelar Parade Germas, Intip Keseruannya!

Melibatkan seluruh lapisan masyarakat, lintas sektor baik Pemerintah, swasta, dunia usaha, organisasikemasyarakatan, serta masyarakat untuk bersama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat dengan tujuan Kesehatan masyarakat terjaga, jika sehat maka produktivitas akan meningkat, terciptanya lingkungan yang bersih serta biaya yang dikeluarkan untuk berobat akan berkurang.

(Bagus Dwi Prayitno)

Sharing is caring!

(Visited 1,663 times, 1 visits today)