Penyuluhan GENTING di Masa Pandemi Covid-19
Sebanyak 20 responden mengikuti kegiatan ini dengan menggunakan metode Face to Face dengan memperlihatkan poster dan video terkait gizi seimbang, sanitasi makanan dan pengantar Stunting.

Stunting merupakan gangguan tumbuh kembang anak yang memiliki ciri utama yaitu tidak sesuainya tinggi badan dengan umur anak, hal ini merupakan salah satu permasalahan gizi yang terjadi di Indonesia. Dampak stunting tidak hanya dirasakan oleh individu yang mengalaminya, tetapi juga pembangunan bangsa.

Kehidupan masyarakat di kawasan pemukiman masyarakat pemulung begitu sangat memprihatinkan, baik dari sisi tempat tinggal berikut sanitasi, kecukupan gizi makanan, serta kesehatan lainnya. Dan hal yang paling mendasar adalah tingkat pendapatan keluarga yang tentu sangat mempengaruhi unsur-unsur di atas. Keseluruhan permasalahan tersebut dapat mengantarkan pemulung dalam kondisi yang tidak baik dalam hal kecukupan gizi makanan.

Berdasarkan observasi awal, ditemukan pula bahwa dari 20 ibu terdapat 15 ibu yang tidak memahami tentang Stunting.

Masa pandemi Covid-19 saat ini bukan menjadi penghalang dua Dosen FIKes UHAMKA Jakarta ini dalam melakukan kegiatan penyuluhan stunting yang diberi nama Gerakan Anti Stunting (GENTING) yang tentu prihatin atas permsalahan yang ditemukan ketika melakukan observasi awal.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Awaluddin Hidayat R,I, S.KM., M.KL (Dosen Kesehatan Lingkungan) dan Widya Asih Lestari, S.Gz., MKM (Dosen Gizi) di wilayah Lapak Jatayu, Kel. Kebayoran Lama Utara, Kec. Kebayoran Lama Kota Jakarta Selatan, pada hari Minggu, tanggal 20 Mei 2020 di Posyandu Jatayu. Kegiatan dilaksanakan tentu mengikuti protokol kesehatan yang ketat, datang secara perorangan ke lokasi diadakannya kegiatan penyuluhan, menggunakan masker dan disediakannya handsanitizer.

Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 20 responden dengan menggunakan metode face to face dengan memperlihatkan poster dan video terkait gizi seimbang, sanitasi makanan dan pengantar stunting.

Penyuluhan Stunting Oleh Dosen Fikes UHAMKA Jakarta

Poster berisi jenis makanan lengkap dengan angka kecukupan gizi yang disampaikan oleh Widya Asih Lestari. Sedangkan video berisi ilustrasi bahaya stunting dan beberapa isi materi yaitu apa itu stunting, apa dampak stunting bagi bayi dan balita, apa penyebab stunting, cara pencegahan stunting disampaikan oleh Awaluddin Hidayat R.I. Kegiatan ini berlangsung selama 3 Jam yang dimulai dari pukul 09.00-12.00.

Selama kegiatan penyuluhan ini berlangsung, antusiasme masyarakat sangat baik, hal ini diukur dari komunikasi dua arah yang terjalin antara penyuluh dan responden.

Hal yang menarik adalah masyarakat sangat senang dikarenakan bentuk penyuluhannya secara langsung face to face sehingga merasa nyaman untuk bertanya. Pengakuan lain masyarakat terkait penyuluhan ini adalah bahwa masyarakat senang karena masyarakat belum sering terpapar dengan materi Stunting sebelumnya. Jikalau ada, materi tersebut tidak lengkap dan tidak menyeluruh.

Hal lain lagi yang ditemukan adalah masih ada masyarakat yang tidak memahami apa itu Stunting, hal inilah yang membuat masyarakat begitu senang dengan kegiatan yang kami lakukan ditengah pandemik Covid-19.

Disisi lain Pihak Posyandu dan Ketua RW 3 Jatayu, Jakarta Selatan merasa ikut senang karena walau masa pandemik Covid-19 masyarakat masih dapat menerima informasi yang bagus terkait bahaya Stunting dikarenakan kondisi masyarakat pemulung yang harus patuh dengan kebijakan pemerintah sehingga tidak keluar rumah selama masa pandemi untuk bekerja.

Dan kami sebagai dosen penyelenggara berharap bahwa kegiatan ini akan terus dapat dilakukan secara berkelanjutan bermanfaat bagi masyarakat terkhusus bagi calon ibu dan ibu yang telah memiliki anak dan balita.


Awaluddin Hidayat Ramli Inaku, S.KM1., M.KL, Widya Asih Lestari, S.Gz., MKM2
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta1,2

Sharing is caring!

(Visited 210 times, 1 visits today)