Peran Nyata Tenaga Kesehatan Lingkungan Dalam Aspek Pengolahan Limbah Cair Domestik
Paradigma masyarakat mengenai pengolahan limbah dinilai masih kurang peduli, hal itu terbukti dengan masih adanya masyarakat yang tidak memiliki septic tank ataupun IPAL.

Limbah merupakan buangan yang dihasilkan dari suatu proses domestik maupun industri. Limbah memiliki berbagai macam jenis yang terbagi berdasarkan sumber, wujud dan senyawa kandungannya. Limbah yang tidak olah sesuai dengan prosedur dan tidak tepat tentu akan berdampak terhadap kesehatan maupun lingkungan.

Kesehatan lingkungan ini merupakan faktor yang paling utama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku masyarakat dalam pengolahan limbah domestic khususnya limbah cair yang dapat mengkontaminasi lingkungan seperti air dan tanah.

Paradigma masyarakat mengenai pengolahan limbah dinilai masih kurang peduli, hal itu terbukti dengan masih adanya masyarakat yang tidak memiliki septic tank ataupun IPAL.

BACA JUGA:  Seminar Nasional Environmental Health Go Public 2018 (ENERGIC 2018)

Oleh karena itu, mahasiswa Kesehatan Masyarakat Reguler C semester 8 stikes kuningan menyelenggarakan seminar profesi kesling dengan tema “Peran nyata tenaga kesehatan lingkungan dalam aspek pengolahan limbah cair domestik”. Seminar ini bertujuan sebagai upaya untuk meminimalisir potensi bahaya akibat tidak adanya pengolahan limbah.

Seminar profesi kesling ini dilaksanakan pada (18/7) secara online melalui aplikasi zoom cloude meeting dan disiarkan secara langsung di youtube. Webinar ini berlansung selama 3 jam yang dimulai dari pukul 10.00-13.00 WIB. Selain itu, banyak peserta yang antuasias dengan webinar ini sehingga terdapat 1300 peserta yang mendaftar pada webinar ini.

Webinar ini dipandu oleh Anita Lusiana dan Siti Komariah, sebelum dimulai acara webinar tentu saja ada sambutan dari Ibu Fitri Kurnia Rahim, S.KM, MPHM selaku Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat yang menyampaikan “Pelaksaan webinar ini dilakukan untuk mempresentasikan hasil magang mahasiswa.  Pengelolaan limbah tentu saja sangat penting bagi kelestarian lingkungan. Oleh karena itu, seminar ini bertujuan menambahkan pemahaman mengenai dampak buruk dari tidak adanya pengolahan limbah”.

BACA JUGA:  KKN, Mahasiswa UNDIP Rintis Bank Sampah di Desa Ini

Kemudian, sambutan dilanjutkan oleh Bapak H. Abdal Rohim, S.Kp, MH selaku Ketua STIKes Kuningan dengan menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian mahasiswa Regular C dalam melaksanakan acara ini. Selain itu, Bapak H. Abdal Rohim, S.Kp, MH menyampaikan bahwa ”Kegiatan ini merupakan bagian dalam upaya meningkatan instansi STIKes Kuningan yang tidak terlepas dari kesadaran mahasiswa untuk mendukung program yang dirancang instansi. Harapan saya, kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat kepada setiap lapisan masyarakat”.

Setelah sesi sambutan, dilanjutkan dengan pemaparan materi hasil magang oleh Yuli Desi Amalia sebagai perwakilan Mahasiswa Regular C mengenai gambaran pengelolaan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) rumah tangga di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas X Kabupaten Kuningan tahun 2020.

Dalam acara webinar ini juga mengundang narasumber ahli di bidang Kesling khususnya pengolahan limbah cair yaitu Bapak Bapak Ir. Miftahur Rohim, M.Kes yang menyampaikan materi tentang “Permasalahan kesehatan terfokus pada upaya penanganan wabah covid-19. Selain itu, dunia kesehatan terfokus pula pada upaya penanganan limbah terutama setelah terdapatnya steatmen yang menyatakan bahwa wabah Covid-19 dapat menyebar melalui limbah domestik maupun Fasyankes. Terdapat beberapa potensi limbah terkontaminasi oleh wabah covid-19 pada sistem pengolahan air limbah yang bersumber dari domestik dan Fasyankes.”

BACA JUGA:  Mahasiswa STIKes Mega Buana Palopo Jalani Program Magang di Berbagai Institusi

Acara webinar ini yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dengan kapasitas 100 peserta dan disiarkan secara langsung di chanel Youtube Prodi Kesehatan Masyarakat dengan jumlah penonton lebih dari 500 peserta. Hal ini tentu saja menunjukkan antusiasme peserta terhadap acara webinar ini.

Oleh karena itu, panitia pelaksana webinar berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat meminimalisir dampak buruk dari pengolahan limbah cair yang tidak sesuai dengan prosedur sehingga tidak adanya kontaminasi kandungan zat yang berbahaya pada kelestarian lingkungan serta upaya pencegahan terjadinya paparan penyakit yang ditimbulkan akibat pencemaran lingkungan.

Sharing is caring!

(Visited 164 times, 1 visits today)