Peranan RSKGM dalam Upaya Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut di Kota Bandung

Peranan RSKGM dalam Upaya Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut di Kota Bandung
RSKGM mempunyai beberapa program yang berhubungan dengan promosi kesehatan, seperti penyuluhan dan pemasangan media promkes di wilayah RSKGM Kota Bandung.

Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung adalah Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Bandung yang khusus memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Cikal bakal berdirinya Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut diawali berdirinya Dinas Kesehatan Gigi, kemudian dengan Peraturan Pemerintah Daerah Kota Bandung No. 6 tahun 2001, Dinas Kesehatan Gigi berubah menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut yang membawahi 48 Balai Pengobatan Gigi dan 1 Balai Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Spesialis.

BACA JUGA:  Pemberdayaan Masyarakat Dan Promosi Kesehatan Melalui Dana Desa

Dengan adanya Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 2007 mengubah Balai Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Spesialis menjadi Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 18 tahun 2007.

Dilihat sejarahnya, RSKGM Kota Bandung memiliki perjalanan panjang dalam menangani pelayanan kesehatan gigi dan mulut dan dari aspek lokasi sangat strategis serta telah dikenal luas oleh masyarakat Bandung dan sekitarnya.

RSKGM berperan sebagai salah satu fasilitas kesehatan di Kota Bandung tentu memiliki peranan penting dalam berbagai aspek kesehatan yaitu preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Semua aspek ini penting dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat. Namun sekarang, semua fasilitas kesehatan dianjurkan untuk lebih menekankan pada upaya preventif dan promotif pada masyarakat.

Untuk melaksanakan upaya promotif, RSKGM mempunyai beberapa program yang berhubungan dengan promosi kesehatan, seperti penyuluhan oleh perawat dan dokter gigi dan pemasangan media promosi kesehatan di wilayah RSKGM Kota Bandung.

BACA JUGA:  Rekrutmen Tenaga Dinkes Kota Denpasar Dikeluhkan Warga, Diduga Ada Orang Titipan

Penyuluhan di RSKGM merupakan salah satu program rutin yang diselenggarakan setiap minggu oleh seorang perawat dan seorang dokter gigi. Biasanya dilakukan saat jam tunggu pasien di sekitar ruang tunggu pasien. Materi yang disampaikan mengenai kesehatan gigi dan mulut. Biasanya materi tergantung dokter yang bertugas di klinik mana. Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pasien atau masyarakat untuk dapat berupaya preventif sehingga dapat mengurangi angka kesakitan di masyarakat. Materi dapat juga tanya jawab sekitar masalah kesehatan gigi dan mulut atau pelayanan kesehatan yang tersedia di RSKGM.

Selain program penyuluhan, terdapat juga berbagai media promkes yang di pasang di banyak tempat seperti di dalam lift, di sekitar area ruang tunggu atau di dalam klinik. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat membaca dan mengerti mengenai berbagai upaya preventif seperti etika batuk, cara cuci tangan yang baik dan benar atau mengenai sikat gigi dengan benar. Pemasangan media promkes juga dimaksudkan agar dapat terjangkau oleh pandangan masyarakat. Media promkes dapat berupa pamplet, banner dan iklan yang ditayangkan di televisi.

BACA JUGA:  Ini Bahaya Rokok Untuk Kesehatan Tubuh Kita!

Mengingat pentingnya upaya preventif dan promotif bagi masyarakat, RSKGM selalu meningkatkan kualitas pelayanan dalam hal penyuluhan dan media promkes. Semoga dengan upaya ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang menjaga kesehatan diri dan keluarganya.

 

Sumber: http://rskgm.bandung.go.id


Intan Rachmawati
STIKes Dharma Husada Bandung
NIM 4001170017

Sharing is caring!

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *