Perdana, Kegiatan Posyandu Remaja Tunas Bakti Desa Bener Sragen

Posyandu Remaja Tunas Bakti

Desa Bener, Kec. Ngrampal, Kab Sragen

Latest posts by Posyandu Remaja Tunas Bakti (see all)

Minggu, 7 Juli 2019, berkumpul 20 remaja putra putri Desa Bener Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen di salah satu rumah kader. Ini merupakan kali pertama, kegiatan perdana Posyandu Remaja Tunas Bakti.

Kegiatan dibuka oleh Mbah Ramto selaku Promkes Puskesmas Ngrampal. Dalam sambutannya, selain menjelaskan kembali maksud tujuan dari dibentuknya Posyandu Remaja ini juga menyampaikan bahaya merokok pada remaja, baik bahaya untuk diri pribadi maupun untuk orang lain.

Dalam pertemuan kali ini, turut hadir pula Kang Niwa selaku Founder Kesmas-ID. Dalam paparannya, menjelaskan betapa remaja saat ini sangat rentan sekali dengan paparan konten pornografi, yang salah satunya disebabkan oleh begitu familiarnya remaja dengan gadget dan medsosnya. Dengan adanya Posyandu Remaja ini, diharapkan kedepannya para remaja ini dapat berbagi informasi kesehatan yang didapat di Posyandu Remaja ini kepada teman-temannya melalui media sosial.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, dan pengukuran lingkar lengan atas bagi remaja putri. Dengan pemeriksaan rutin semacam ini, tumbuh kembang remaja dapat terpantau dengan baik.  Selain pemeriksaan kesehatan, tentunya dengan adanya Posrem ini diharapkan dapat menjadi tempat bagi para remaja berbagi cerita tentang segala permasalahannya kepada konselor sebaya.

Pemeriksaan Kesehatan Posrem Tunas Bakti

Di akhir sesi, Ibu Bidan Wilujeng dari Puskesmas Ngrampal menyampaikan kembali rencana kegiatan yang akan dilakukan selama setahun kedepan. Beberapa materi yang akan diberikan kepada remaja ini antara lain:

1. PKHS (Pendidikan Ketrampilan Hidup Sehat)
2. Kesehatan Reproduksi
3. Kes Jiwa, Penyalahgunaan NAPZA
4. Gizi
5. Aktivitas Fisik
6. Penyakit Tidak Menular
7. Pencegahan Kekerasan Pada Remaja
8. Materi lain semisal Resiko Menikah dini, dll

Turut hadir pula dalam kegiatan kali ini Ibu Sugiyatni selaku Lurah Bener, Ibu Tri Suprapti Bidan Desa, Ibu Siti Mutiah PPKBD Desa Bener, dan Mas Windi Winartomo dari Pramuka.

Sosialisasi Kegiatan Posrem Tunas Bakti

Sharing is caring!

(Visited 135 times, 1 visits today)