Peringati HAS 2017, HMKM STIKes Indramayu Gelar Talkshow Teenagers Without AIDS

Peringati HAS 2017, HMKM STIKes Indramayu Gelar Talkshow Teenagers Without AIDS

Sabtu, 9 Desember 2017, Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Indramayu  menyelenggarakan Talkshow dan Test Voluntary Conseling and Testing (VCT) dalam rangka memperingati  Hari  AIDS Sedunia dengan tema “Teenagers Without AIDS”, bertempat di kuliner Cimanuk.

Talkshow ini diselenggarakan untuk mengadvokasi pemangku kebijakan terkait dengan permasalahan HIV/AIDS di kabupaten Indramayu, sehingga dapat memberikan rekomendasi program, kebijakan,  dan menghasilkan komitmen bersama antar lintas sektor terkait dengan penyelesaian masalah HIV/ AIDS.

Menghadirkan narasumber dari 5 sektor terkait yaitu Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Perkumpulan Keluarga Berencana Indoenesia (PKBI), Akademisi, dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

Talkshow HAS 2017 HMKM STIKes Indramayu

Kegiatan ini dihadiri oleh BEM/ Hima Perguruan tinggi di indramayu, Perwakilan osis di indramayu, LSM Setia Indonesia, dan Masyarakat umum.

Narasumber sepakat bahwa masalah HIV/AIDS di Indramayu ini adalah tangggung jawab bersama, masyarakat dan pemangku kebijakan harus bersatu untuk terus mengedukasi masyarakat agar masyarakat tidak melakukan perilaku berisiko. Sehingga tidak ada lagi kasus baru HIV/ AIDS dan tidak ada lagi masyarakat yang meninggal karena HIV/AIDS.

Upaya untuk mewujudkan hal tersebut, seluruh narasumber sepakat setelah selesai kegiatan Talkshow akan dilaksanakan pertemuan kembali untuk membahas rencana program/ kegiatan dalam mengatasi permasalahan HIV/ AIDS di Indramayu. Pertemuan tersebut sebagai leading sector-nya adalah Dinas Kesehatan dan KPA.

Selain itu disepakati bahwa seluruh sektor terkait dan masyarakat harus mengadvokasi kepada Bupati Indramayu untuk membuat peraturan bupati tentang penanggulangan HIV/ AIDS di Indramayu.

Nota Kesepakatan HAS 2017 Indramayu

Hal ini disepakati oleh  Ibu Sri Nafsiah M.KM yang mewakili kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu,  Bapak Drs. H. Susanto, BAE,M.Si dari KPA, Bapak Dr. Caya, S.IP,M.Si dari PKBI, Bapak Idham Latif S.KM,M.Epid dari IAKMI, dan Bapak Heri Sugiarto, S.KM,M.Kes. perwakilan dari Akademisi di Kabupaten Indramayu.

Ketua Pelaksana Risni Putri Indriawati berharap semoga kesepakatan yang sudah ditandatangani dapat direalisasikan, sehingga kegiatan talkshow yang telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat benar-benar bermanfaat untuk masyarakat.

“Kesepakatan yang sudah ditandatangani akan terus dipantau dan ditindaklanjuti kepada leading sector. Kami tidak ingin kesepakatin yang sudah dibuat hanya janji manis saja,” ujar Ketua Umum Hima Kesmas STIKes Indramayu Maxi Abi Permana.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis