Peringati HCTPS Sedunia Himakesmas STIKKu Adakan Pengabdian Masyarakat

Peringati HCTPS Sedunia Himakesmas STIKKu Adakan Pengabdian Masyarakat
Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia pada tanggal 15 Oktober 2018, HIMAKESMAS STIKes Kuningan mengadakan Pengabdian Masyarakat.

Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia pada tanggal 15 Oktober 2018, HIMAKESMAS STIKes Kuningan mengadakan Pengabdian Masyarakat yang bertujuan untuk mensosialisasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Pengmas ini dilakukan 2 hari yaitu pada Jumat (19/10/18) pukul 09.00 WIB di SD Negeri 1 Kadugede dan Sabtu (20/10/18) pukul 08.00 WIB di SD Negeri 2 & 3 Kadugede.

BACA JUGA:  PAMI Lampung Edukasi Siswa Berkebutuhan Khusus Tentang Jajanan Sehat & CTPS

Dalam pengmas ini yang terlibat adalah pengurus HIMAKESMAS dan sebagian mahasiswa baru kesmas dari perwakilan tiap kelas dengan tujuan agar mahasiswa baru memiliki banyak pengalaman terkait pengmas dan berani untuk sosialisasi di depan umum, melatih keberanian dan keterampilan berbicara di depan orang banyak.

Pengabdian Masyarakat Himakesmas STIKKU

Teknis pelaksanaan kegiatan yaitu dengan cara dibagi beberapa kelompok campuran HIMAKESMAS dan mahasiswa baru sekitar 5-6 orang per kelompoknya. Dalam pelaksanaan kegiatan siswa-siswi terlihat sangat antusias karena metode penyampaian materinya menggunakan lagu (bernyanyi) bersama langkah-langkah cuci tangan. Setelah materi disampaikan siswa-siswi langsung mempraktikan cara cuci tangan pakai sabun yang baik & benar. Pengmas ini berjalan dengan lancar dan kondusif.

BACA JUGA:  Mahasiswa Kesmas STIKKU Turut Dilibatkan Dalam Program BELKAGA

Sasaran pengmas ini adalah siswa-siswi SD kelas 1-6 dengan tujuan mengenalkan sejak dini kepada anak-anak cara mencuci tangan yang baik dan benar. Harapannya yaitu supaya mereka bisa menerapkannya di rumah, di sekolah, dan dimana pun terutama sebelum mengonsumsi makanan, agar mereka bisa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya melalui kebiasaan mencuci tangan pakai sabun.

Sebagian besar anak usia SD masih kurang memperhatikan tentang PHBS sehingga harus banyak dilakukan sosialisasi untuk menambah pengetahuan mereka mengenai kesehatan. Selain itu juga agar mereka memiliki kesadaran sejak dini untuk menerapkan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun yang terlihat sepele namun ternyata begitu penting.

Pada kesempatan ini, Ketua Himakesmas M. Wildan Khaerudin menyampaikan pesan kesannya terkait pelaksanaan kegiatan pengmas ini. “Syukur Allhamdulilah, salah satu program kerja dari Divisi Sosial Masyarakat (Sosmas) Himakesmas Stikes Kuningan telah terlaksana yaitu Pengabdian Masyarakat dalam rangka Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Saya bersyukur kegiatan ini direspon dengan baik, baik dari pihak sekolah maupun mahasiswa baru. Dan antusias dari anak-anak SD pun begitu kental terasa yang mencirikan anak-anak yang sehat, cerdas, ceria. Harapan saya semoga ini menjadi agenda rutin Himakesmas kedepannya, dan menjadi cambuk atau contoh untuk organisasi-organiasasi lain untuk ikut serta, mari bersama-sama satukan langkah untuk menyehatkan generasi muda sejak usia dini.”

BACA JUGA:  Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan Ikuti Kuliah Online

Sharing is caring!

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *