Peringati HKBN 2018, Ini yang Dilakukan Nusantara Sehat Bersama Puskesmas Bokin

26 April 2018 adalah hari dimana diperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Puskesmas Bokin bersama Nusantara Sehat mengajak pemerintah Kelurahan Bokin melaksanakan sosialisasi keselamatan kerja dan simulasi penanganan kegawatdaruratan dan bencana.

Mengutip kalimat dari Bpk Gubernur DKI Jakarta pak @aniesbaswedan di Acara @indonesialeadersforum semalam bahwa “bangsa ini didirikan bukan untuk melindungi yang mayoritas ataupun minoritas, tetapi bangsa ini didirikan untuk melindungi atas nama “Anak Bangsa” dengan segala keanekaragaman di dalamnya”.

PR kita adalah bukan mengecilkan yang besar, tetapi membesarkan yang kecil. Problem yang dihadapi bangsa kita adalah ketimpangan yang merata dihampir semua sektor, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dll. Ketimpangan pun terjadi antara kaya dan miskin, berpendidikan dan tidak berpendidikan, yang tinggal di kota dan di desa, dll.

BACA JUGA:  Nusantara Sehat : 4 Fakta yang Musti Kamu Ketahui Dibalik Suksesnya Seminar Kesehatan

Pemerintah hadir untuk melaksanakan Amanat Konstitusi yakni menghadirkan sebuah Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia tanpa ada dikotomi dan keberpihakan yang tidak merata.

Tugas kita sebagai anak bangsa adalah membantu pemerintah bersama-sama turun tangan untuk menyelesaikan persoalan dan juga ini menjadi langkah nyata untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah lama direbut oleh para Pahlawan-pahlawan kita.

Nusantara Sehat adalah sebuah program Inovatif dari Kementerian Kesehatan RI dimana salah satu tujuannya adalah meminimalkan ketimpangan itu dengan mendekatkan akses layanan kesehatan di daerah pelosok nusantara dengan mengirim tenaga kesehatan muda profesional yang siap mengikhlaskan masa mudanya selama dua tahun untuk memberikan pelayanan kesehatan di daerah pelosok nusantara.

BACA JUGA:  Nusantara Sehat INHIL : “Beri Pelayanan Kesehatan Terbaik”

Dan saya secara pribadi sangat mengapresiasi langkah nyata Kementerian Kesehatan dalam upaya melaksanakan amanat konstitusi yakni menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nusantara Sehat mempunyai peran untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama  menjaga kesehatan melalui upaya-upaya Promotif dan preventif.

26 April 2018 adalah hari dimana diperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Puskesmas Bokin bersama Nusantara Sehat mengajak pemerintah Kelurahan Bokin melaksanakan sosialisasi keselamatan kerja dan simulasi penanganan kegawatdaruratan dan bencana.

Tujuannya sederhana, yakni untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kecelakaan atau bencana, baik yang disebabkan alam maupun non alam. Dan tentu harapannya adalah masyarakat bisa mengetahui dan mempunyai kemampuan untuk bisa memberikan pertolongan awal ketika ada masyarakat yang sakit sebelum dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan dan pemahaman pada masyarakat ini akan mendorong pada peningkatan kesiapsiagaan di tingkat masyarakat

BACA JUGA:  Sosialisasikan Bahaya Merokok Bagi Pelajar, Tim Nusantara Sehat Puskesmas Haliwen Gelar Lomba Pidato

Forum ini, terdiri dari masyarakat yang peduli terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya, dan juga para kelompok-kelompok pekerja yang memang mempunyai resiko yang lebih besar terkena sebuah kecelakaan akibat kerja.

Pada simulasi yang dilakukan, peserta diajak untuk mengetahui bagaimana bagaimana prosedur tetap kegawatdaruratan, cara pertolongan orang pingsan, penanganan patah tulang, dan beberapa kasus-kasus emergency lainnya.

Upaya pelatihan gawat darurat menjadi kunci keselamatan ketika terjadi kecelakaan atau bencana. Dalam artian, kesiapsiagaan yang dilakukan untuk meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya cedera lanjutan melalui pengorganisasian serta melalui langka tepat guna dan berdaya guna.

Semoga bisa berproses dengan baik disisa waktu pengabdiannya.

#PkmBokin #TorajaUtara #NusantaraSehat #NS5 #KemenkesRI #IndonesiaSehat #MembangunIndonesiaDariPinggiran #PerawatKomunitas #germas

Sharing is caring!

(Visited 52 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *