Peringati HKN, ISMKI Daerah Jambi Gelar Webinar Angkat Isu Stunting

Peringati HKN, ISMKMI Daerah Jambi Gelar Webinar Angkat Isu Stunting

Sabtu 27 November 2021, Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) Daerah Jambi mengadakan kegiatan Webinar Online Ber-SKP dengan Tema kegiatan “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku”. Kegiatan kemahasiswaan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-57.

Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui virtual Zoom yang dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta dengan Narasumber- Narasumber yang berpengalaman dan berkompeten yaitu: Ibu Yuni Zahraini SKM, MKM dari Direktorat Gizi Masyarakat Kementrian Kesehatan RI dengan Sub materi yang dibawakan  adalah “Kebijakan Program Gizi Dalam Upaya Penurunan Stunting Di Masa Pandemi Covid-19″.

Kebijakan Program Gizi Dalam Upaya Penurunan Stunting Di Masa Pandemi Covid-19

Selain itu Narasumber selanjutnya yaitu Ibu Silvia Mawarti Perdana S.Gz., M.SI dari Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI) dengan sub materi yang dibawakan adalah “Menjaga Keseimbangan Gizi di Tengah Pandemi Covid-19”.

Seiring berjalannya waktu, acara ini mengundang banyak pertanyaan dari para peserta, salah satunya adalah Pertanyaan dari Putri Ramadhani (Universitas Adiwangsa Jambi) “Apakah sosial budaya menjadi salah satu faktor penyebab stunting? Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?”.

Jawaban singkat dari Bu Ibu Yuni Zahraini SKM, MKM selaku Narasumber Pertama adalah “cara mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan pendekatan terlebih dahulu terhadap tokoh masyarakat setempat, lalu bersamaan dengan hal tersebut kita bisa melakukan edukasi terhadap masyarakat yang masih memiliki sosial budaya erat dengan adat istiadat.

Selain dihadiri olah para mahasiswa sebagai peserta, webinar ini juga diikuti oleh berbagai instansi Rumah sakit dan Puskesmas yang tersebar di Indonesia secara Khusus di Darah jambi sendiri. Dan tak lupa juga kegiatan ini dihadiri oleh para Pengurus Daerah Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) sebagai pelaksana nya.

Disamping dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Kegiatan ini juga dilangsungkan oleh ISMKMI dengan tujuan untuk mengadvokasi dan mengajak para mahasiswa dengan memperhatikan gizi seimbang secara khusus dimasa Pandemi ini.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan lahirnya insan bangsa yang peka terhadap situasi dan kondisi bangsa yang menjerit meminta bantuan, termasuk kita para generasi muda dan secara khusus bagi para Mahasiswa  Kesehatan Masyarakat untuk ikut ambil alih dalam upaya mensejahterkan gizi masyarakat terutama di masa Pandemi covid-19 ini.

#ISMKMI Jambi

#Pengabdian Masyarakat

#HKN2021

#Salamsehat


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis