Peringati HPSN, Ini yang Dilakukan Masyarakat Polewali Mandar

Peringati HPSN, Ini yang Dilakukan Masyarakat Polewali Mandar
Dalam rangka peringati HPSN atau Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang  jatuh pada tanggal 21 Februari, Pemerintah menggebrak kesadaran masyarakat dengan mengadakan aksi gotong yang diselenggarakan di Taman Bahari, Kota Polewali Mandar.

Sampai  saat ini sampah masih menjadi problem di kota-kota kecil hingga kota besar di Indonesia. Bahkan sampahpun masih saja menjadi perbincangan yang menarik karena masih kurangnya pemahaman dalam memilah, mengolah dan memanfaatkan sampah.

Namun dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang  jatuh pada tanggal 21 Februari, Pemerintah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Barat dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar bekerjasama dalam menggebrak kesadaran masyarakat dengan mengadakan aksi gotong yang diselenggarakan di Taman Bahari, Kota Polewali Mandar.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tersebut mengusung tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah” yang diadakan pada Jumat, 23 Februari 2018, dan berlangsung selama kurang lebih empat jam, dari pukul 07.00 – 11.00 wita.

Masyarakat Mandar dalam HPSN 2018

Dimulai dengan acara pertama yaitu senam bersama kemudian pembukaan aksi HPSN lalu diikuti dengan aksi gotong royong, dimana  kegiatan ini melibatkan sekelompok elemen masyarakat, seperti kelompok pemuda yang tergabung dalam kelas insipirai polman, komunitas pecinta alam, gabungan dari sekolah-sekolah adiwiyata, Universitas Al-Asyariah Mandar, seluruh instansi atau SKPD, pemerintah kelurahan beserta masyarakatnya dan didukung dari pasukan orange dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bersih Sampah HPSN Mandar 2018

Acara HPSN ini sendiri telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut di kota polewali mandar, dimulai sejak 2016 yang setiap tahunnya melakukan agenda  yang berbeda dikondisikan  sesuai tema yang diangkat oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Namun metodenya hampir sama, karena agenda kebersihan meliputi tiga hal seperti bentuk penyebaran informasi, bentuk aksi nyata atau gotong royong dan juga dalam bentuk kegiatan workshop.

Kegiatan inipun berlangsung dengan penuh semangat, khususnya dari para anak muda Polewali Mandar. Hal ini dapat dilihat dari aksi-aksi yang mereka tunjukan melalui atribut yang mereka bawa, seperti atribut pakaian daur ulang hingga spanduk. Tak lupa dengan keceriaan diwajah mereka saat beramai-ramai membersihkan di Pantai Bahari Polewali Mandar.

Hikma SP., M.Si selaku panitia lokal dalam acara inipun berharap semoga kegiatan ini bukan hanya sekedar perayaan, tetapi bagaimana kita menanamkan sikap perilaku untuk merubah diri sendiri, memulai dari diri sendiri untuk mencintai lingkungan dan  menjaga kebersihan, memulai mengumpul sampah, memilih sampah dan  tidak membakar sampah.

 

Sharing is caring!

(Visited 123 times, 1 visits today)

1 thought on “Peringati HPSN, Ini yang Dilakukan Masyarakat Polewali Mandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *