PJ UKM Puskesmas Krangkeng Lakukan Monitoring Kegiatan Posyandu dan Posbindu Lansia

Diharapkan dengan adanya monitoring kegiatan Posyandu dan Posbindu oleh PJ UKM bisa memantau dan mengevaluasi kegiatan UKM di wilayah kerja Puskesmas Krangkeng sesuai dengan Visi Puskesmas Krangkeng "Mewujudkan masyarakat sehat secara mandiri di wilayah Puskesmas Krangkeng".

Sesuai dengan rencana pelaksanaan monitoring kegiatan oleh PJ UKM dengan membawa surat tugas dari Kepala Puskesmas Krangkeng, PJ UKM memonitoring kegiatan UKM.

Pelaksanan monitoring meliputi ketepatan waktu, ketepatan sasaran, ketepatan tempat pelaksanaan, ketepatan petugas yang melaksanakan dan pencapaian hasil kegiatan.

Rabu, 22 Mei 2018, PJ UKM memonitoring pelaksanaan Posyandu di Posyandu Tegal Semaya 1 Desa Singakerta, sesuai dengan jadwal kegiatan Bidan Desa Singakerta.

Sasaran Posyandu adalah ibu yang mempunyai bayi dan balita, ibu hamil, PUS dan WUS. Di Posyandu ini yang datang hanya ibu yang mempunyai bayi dan balita, serta ibu hamil dan WUS saja sedangkan PUS blm ada yang datang ke Posyandu (diharapkan pada waktu Posyandu, semua sasaran bisa datang. Sasaran PUS bisa mendapatkan konseling tentang KB dari petugas penyuluh dari KB).

BACA JUGA:  Ada yang Beda di Kelas Ibu Hamil Puskesmas Krangkeng Kali Ini, Cari Tahu Yuk!

Posyandu kali ini tempat pelaksanaan sesuai dengan pelaksanaan seperti biasanya bertempat di rumah salah satu kader Posyandu (Ibu Nuraeni) yang tempatnya ditengah-tengah masyarakat sehingga bisa dijangkau dengan mudah oleh sasaran Posyandu.

Pada Posyandu kali ini petugas yang datang dari pihak Puskesmas adalah Bidan Desa setempat (Bd. Indrawati) dan pembina wilayah desa (Bd. Siska) serta Promotor Kesehatan dari Puskesmas Krangkeng (Fuad Hasyim, SKM). Namun jumlah kader Posyandu masih kurang dari 5 orang, hanya 3 kader yang hadir sehingga belum sesuai.

Pencapaian hasil kegiatan Posyandu, cakupan D/S : 85%, imunisasi dasar lengkap (IDL) 90%, K1 45%. Materi penyuluhan pada Posyandu kali ini tentang 12 indikator pada PIS-PK.

BACA JUGA:  Puskesmas Krangkeng Sosialisasi Penjaringan CBA - TBC dan RVS Kusta

Sedangkan kegiatan Posbindu, pada hari yang sama bertempat di Mushola Walidaen yang ada di Desa Singakerta Blok Tegal Semaya.

Ketepatan waktu, sudah sesuai dengan jadwal yang ada di penanggung jawab program kesehatan lansia. Sasaran yang datang adalah masyarakat yang berumur lebih dari 45 tahun sesuai dengan sasaran kegiatan Posbindu lansia.

Ketepatan tempat pelaksanaan, sesuai dengan tempat yang sudah biasa dilakukan kegiatan Posbindu. Ketepatan petugas sudah sesuai (Hj. Khaeriyah) sebagai PJ kesehatan lansia.

Ketepatan hasil, masih belum sesuai. Pada kegiatan kali ini masih banyak lansia yang berkunjung karena alasan sibuk dengan pekerjaan masing-masing karena pada kegiatan Posbindu lansia kali ini berbarengan dengan musim panen.

Untuk kegiatan posyandu, saran kami antara lain advokasi kepada Kepala Desa/ Kuwu untuk menambah jumlah kader Posyandu. Untuk kader agar memberitahukan sasaran posyandu pada H-1 Posyandu supaya sasaran Posyandu bisa datang pada saat pelaksanaan Posyandu dan untuk petugas harus ada koordinasi dengan petugas penyuluh KB untuk ikut dalam kegiatan Posyandu sehingga sasaran PUS bisa datang dan mendapatkan penyuluhan tentang KB.

BACA JUGA:  5 Orang Staf Puskesmas Krangkeng Ikuti Pelatihan Keluarga Sehat

Untuk Posbindu Lansia, koordinasi dengan kader Posbindu lansia tentang jadwal pelaksanaan Posbindu dan Ketua Blok setempat (RT/RW) untuk memberitahukan kepada warganya khususnya lansia untuk datang saat pelaksanaan posbindu lansia supaya mendapatkan pembinaan dan pemeriksaan.

Diharapkan dengan adanya monitoring kegiatan Posyandu dan Posbindu oleh PJ UKM bisa memantau dan mengevaluasi kegiatan UKM di wilayah kerja Puskesmas Krangkeng sesuai dengan Visi Puskesmas Krangkeng “Mewujudkan masyarakat sehat secara mandiri di wilayah Puskesmas Krangkeng”.

Sharing is caring!

(Visited 452 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *